Kebakaran di Lumin Nyaris 'Sentuh' Pemukiman


Selasa, 06 Februari 2018 - 09:57:16 WIB
Kebakaran di Lumin Nyaris 'Sentuh' Pemukiman Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Api yang membakar lahan di sekitar hutan kawasan Lubuk Minturun (Lumin) dekat TPU Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Minggu (4/2) malam, nyaris mendekati pemukiman warga.

Dari informasi yang dihimpun, titik api yang paling pinggir, hampir menyambar pemukiman warga yang berada di areal setempat, yang hanya berjarak 50 meter dari lokasi.

Baca Juga : Diduga Jadi Korban Pengeroyokan, Seorang Polisi Meninggal di Trotoar

Beruntung, dengan siapnya petugas pemadam kebakaran berserta pada relawan dan juga warga disana. Api dapat dihalau dan dipadamkan.

"Jarak dari pemukiman warga 50 meter dari lokasi. Beruntungnya cuaca tidak berangin, jadi api tidak terlalu cepat menyebar," kata Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Basril, Senin (5/2) di ruang kerjanya.

Baca Juga : Edarkan Narkoba, Oknum ASN Lapas Bukittinggi dan Tiga Rekannya Diciduk

Basril menambahkan luas hutan yang terbakar tersebut sekitar enam hektare tetapi belum diketahui penyebabnya. "Kurang lebih enam hektare hutan tersebut yang terbakar, tetapi kita belum bisa memastikan apa penyebabnya, itu wewenang instansi lain untuk memeriksa,"tambahnya.

Masih kata Basril untuk memadamkan api tersebut Damkar menurunkan Regu A dengan 4 armada yaitu fire comando, 013, 015, 014, 010. "Kita menurunkan 4 armada fire comando dengan 45 personel ditambah satu armada dari dinas Kehutanan,"ulasnya.

Baca Juga : Lagi! TKI Disiksa di Malaysia, Gaji 5 Tahun tak Dibayar

Basril menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar berhati-hati dalam membakar sampah karena, angin cukup kencang dan cuaca kemarau. (h/mg-hkl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]