Festival Marandang di Padang Diikuti 104 Kelurahan


Jumat, 09 Februari 2018 - 11:35:38 WIB
Festival Marandang di Padang Diikuti 104 Kelurahan Festival Marandang di Kota Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ikut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Pemerintah Kota Padang menggelar festival marandang di GOR Haji Agus Salim (GHAS). Kegiatan ini diikuti 104 kelurahan yang ada di Padang.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, randang sebagai salah satu makanan terlezat di dunia, harus dilestarikan. Generasi muda harus tahu dan bisa memasak makanan berbahan dasar daging ini.

“Pada pemilihan uda uni besok ini, salah satu persyaratannya harus bisa memasak rendang,”ucap Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat membuka festival ini.

Mahyeldi berharap generasi muda dapat mewarisi dan melestarikan kuliner tradisional ini. Karena kalau tidak, kepada siapa lagi akan diwariskan.

“Diharapkan kepada Bundo Kanduang mengajak anak-anaknya untuk dapat berinovasi memasak randang. Jangan hanya tahu lezatnya saja, tetapi tidak bisa membuatnya,”jelas wako kepada Haluan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi menyebut, memasak rendang pada festival ini harus menggunakan kayu bakar. Tidak boleh pakai kompor minyak maupun gas.

“Memasak rendang itu butuh kesabaran, apalagi banyak asap karena menggunakan kayu bakar. Sehingga mata menjadi ikut pedih,”kata Medi saat meninjau peserta festival Marandang.

Sambung Medi, pada festival kali ini komposisi pesertanya dicampur antara generasi muda dengan tua. Satu kelompok terdiri atas dua orang remaja, dan satu orang dewasa.

“Yang kita harapkan itu, generasi mudalah yang tampil dalam festival memasak ini,”sebutnya.

Juri dalam festival marandang Fauriza mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi penilaian dalam lomba ini. Pertama, dari kesiapan bahan yang digunakan. Segala bumbu yang dibutuhkan harus diracik dan disesuaikan dengan jumlah daging yang dipakai. Sehingga komposisinya menjadi pas.

Kemudian, dinilai dari penyajian rendang. Menurutnya rendang yang baik adalah rendang yang kering. Karena bisa bertahan lama, meskipun tanpa dipanaskan setiap hari. Lalu, dinilai dari rasa rendang.

“Poin yang paling tinggi itu adalah, generasi mudanya yang lebih banyak memasak. Bukan orangtua, mereka hanya sebagai pendukung,”ucapnya.

Salah seorang peserta Rosliani mengatakan, rendang buatannya tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Cukup waktu sekitar dua hingga tiga jam, rendang akan siap disantap.

“Kuncinya rendang itu cepat matang adalah penggunaan santannya. Jangan gunakan santan yang banyak bercampur air, cukup patinya saja,”sebutnya yang mewakili Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan.

Ia mengaku, rendang buatannya bisa bertahan hingga satu minggu tanpa harus dipanaskan.

Pengunjung Festival Marandang Leo Saifudin mengapresiasi kegiatan ini. Ia menilai festival marandang bagus untuk mengangkat kuliner khas dari Sumbar yang sudah mendunia.

“Saya antusias mengikutinya, melihat bagaimana proses pembuatan rendang yang cukup lama,”ucap peserta HPN dari Kepulauan Riau ini.(h/mg-mel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:49:06 WIB

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Warga Kota Padang dan sekitarnya terlihat antusias dan memadati pembukaan Festival Siti Nurbaya 2019 yang digelar di kawasan Danau Cimpago, Sabtu (23/11). Iven tahunan Pemerintah Kota Padang melalui.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 16:50:53 WIB

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim PADANG, HARIANHALUAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar menggelar Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019, 27 Oktober 2019. Kegiatan tersebut akan digelar di GOR H Agus Salim Padang..
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:25:52 WIB

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Festival Siti Nurbaya 2018 kembali digelar oleh di Kota Padang. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada Jumat 9 November mendatang, dengan tujuan terus memperkenalkan Budaya M.
  • Senin, 05 Maret 2018 - 12:32:28 WIB

    Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar

    Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM- Festival Cap Go Meh yang berlangsung di kawasan Pondok Kota Padang, Jumat lalu telah membawa keuntungan tersendiri untuk Sumbar terutama Kota Padang..
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 10:58:14 WIB

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM- Hari ini, Jumat (2/4) jangan lupa saksikan kemeriahan festival Cap Go Meh di kawasan Pondok, Padang. Mulai jam 4 sore akan ada atraksi-atraksi hebat. Bahkan ada pertunjukkan atraksi sepasan dari ti.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM