Penangkapan Kasus Pencurian Sawit, Polres Solsel Dipraperadilankan


Jumat, 09 Februari 2018 - 20:41:45 WIB
Penangkapan Kasus Pencurian Sawit, Polres Solsel Dipraperadilankan Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengacara dari tersangka dalam kasus pencurian sawit di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batanghari, Kabupaten Solok Selatan, Senin (16/1) bakal praperadilankan Polres Solsel.

“Terhadap penangkapan 8 orang itu, kami akan melakukan praperadilan ke pengadilan di Solok. Senin tanggal 12 sidang perdana akan dimulai,” terang Novrizal pengacara tersangka di Padang, Kamis (8/2).

Baca Juga : Penyekatan Mudik Berakhir Jumat Malam

Ia mengatakan, penangkapan tersangka sudah melanggar hak kemanusian, karena prosedur penangkapan tidak dijalankan oleh Polres Solsel.

“Mereka ditangkap oleh 40 orang polisi bersenjata laras panjang, bahkan ada yang ditangkap saat sedang berkendara,”paparnya.

Baca Juga : Bikin Bising, Belasan Pemotor Knalpot Racing Dibekuk

Ia juga menjelaskan, putusan MA yang keluar terkait koperasi sawit itu tidak dimenyatakan kalau koperasi yang diikuti oleh 8 tersangka ilegal.

“Silakan dilihat dalam putusan itu tidak ada peryataan kalau koperasi klien kami ilegal. Jadi kenapa mereka ditangkap,” tuturnya.

Sementara Kapolres Solsel, AKBP M.Nurdin pada Haluan melalui sambungan handphone mengatakan, upaya hukum praperadilan yang dilakukan tersangka sah-sah saja.

"Praperadilan itu kan hak. Itu semacam kontrol sosial bagi penyidik. Hal itu terkait sah tidaknya penangkapan, penetapan tersangka dan penahanan," kata M.Nurdin.

Ia menyebutkan, upaya praperadilan suatu hal yang wajar. Pihaknya, telah menerima surat dari Pengadilan Negeri Solok sekira Senin (5/2), bahwa bakal diadakan sidang pada Senin mendatang (12/2).

"Kami persilahkan saja. Kami sudah bikin administrasi dan surat kuasa. Nanti yang maju Bidang Hukum Polda Sumbar, sudah dibuat  semua administrasinya. Ya, sah saja. Proses penyidikan itu bukan suatu yang absolut," tutupnya.

Sebelumnya jajaran Satuan Reskrim Polres Solok Selatan (Solsel) mengamankan delapan pelaku yang diduga melakukan pencurian sawit di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batanghari, Kabupaten Solok, Senin (16/1) sekira pukul 15.00 WIB.

Hal itu diungkapkan Kapolres Solsel, AKBP M. Nurdin melalui Kasat Reskrim, AKP Omri Yan Sahureka pada awak media, Selasa (16/1).

"Selain pelaku, ikut diamankan dua mobil pickup serta tandan buah sawit. Ketika itu para pelaku sedang berada dilokasi kebun sawit," terangnya.

Penangkapan delapan pelaku, imbuhnya berdasarkan laporan nomor 147/XI-2017 pada 9 November 2017 oleh pelapor atau pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Bima I Abai yang sah sesuai putusan Mahkamah Agung (MA).(h/jef)

Baca juga: Polres-solsel-ciduk-8-tersangka-pencuri-sawit

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]