Ketua DPRD Sumbar: Gandeng Perantau Bangun Daerah


Jumat, 09 Februari 2018 - 22:56:23 WIB
Ketua DPRD Sumbar: Gandeng Perantau Bangun Daerah Hendra Irwan Rahim

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Peran perantau perlu diperhatikan dan digandeng untuk membangun daerah.

Hal tadi disampaikan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim saat menghadiri pelantikan dewan pengurus daerah Gebu Minang kabupaten/kota se-Sumbar, di Hotel Kryad Bumiminang, Kamis (8/2) malam.
Hendra menyatakan apresiasi atas gerakan Gebu Minang. Dia menyebut apa yang menjadi tujuan dari organisasi ini sangat mulia. Diantaranya berkaitan dengan ekonomi dan budaya.

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

Ketua DPRD dari Fraksi Partai Golkar ini menambahkan, untuk potensi ekonomi sumbernya akan berasal dari berbagai bidang. Mulai dari pertanian, perdagangan, dan lainnya. Di Sumbar sendiri semua ini masih belum tergarap maksimal. Perlu banyak dukungan dari berbagai pihak.

"Kemajuan daerah di Sumbar tak terlepas dari peran perantau, organisasi rantau, dan lainnya. Termasuk Gebu Minang yang kepengurusannya hingga ke pusat," ulas Hendra.

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

Menurut Hendra, selama ini peran perantau Minang sudah terlihat berkontribusi dalam memacu pembangunan di nagari-nagari yang ada di Sumbar. Upaya tersebut, tentu penting untuk dimaksimalkan sehingga terus terbangun sinergitas antara perantau dengan pemerintah daerah dan masyarakat di tingkat nagari.
Jaringan yang sudah dibangun dengan para perantau Minang di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di luar negeri ia sebut harus dijadikan kekuatan.

Dia meyakini dengan adanya Gebu Minang ini akan bisa merangkul perantau asal Minang yang ada di luar.
Ketua DPW Gebu Minang Sumbar Boy Lestari Dt Palindih menyampaikan, keberadaan organisasi atau lembaga nonprofit ini tidak sekadar sudah terbentuknya kepengurusan saja, tapi Gebu Minang ini punya visi serta program kerja yang menitik berantakan pada aspek pembangunan kembali karakter urang Minang secara universal.

Di samping aspek ekonomi, budaya dan agama dan mengembalikan marwah orang Minang. Pihaknya menyebutkan urang Minang punya karakter yang teguh, kuat, demokratis serta taat agama. Namun di era globalisasi ini, nilai-nilai tadi sudah bergeser, terutama pada generasi muda Minang.
Dia mengatakan Gebu Minang akan menjadi wadah untuk merangkul semua pihak mengembalikan itu. (h/len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]