Warga Minta Pemko Payakumbuh Siapkan Perda Anti LGBT


Jumat, 09 Februari 2018 - 23:01:29 WIB
Warga Minta Pemko Payakumbuh Siapkan Perda Anti LGBT Penandatanganan pernyataan sikap oleh perwakilan ormas dan unsur masyarakat Payakumbuh untuk menolak LGBT, disaksikan Pengurus Baznas Payakumbuh Arman Husni di Gedung Gambir, Payakumbuh, Rabu (07/02).

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Payakumbuh dari berbagai ormas, BEM, OSIS, Karang Taruna, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan Imam Masjid se-kota Payakumbuh menyatakan sikap menolak LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) dengan segala bentuk aktivitasnya di Kota Payakumbuh.

Pernyataan sikap dilakukan pada acara Seminar Sehari tentang “LGBT dari Perspektif Agama, Budaya, Medis, dan Psikologi” yang digelar oleh Baznas Kota Payakumbuh di Gedung Gambir, Payakumbuh, Rabu (07/02).

Pengurus Baznas Kota Payakumbuh Arman Husni mengatakan enam poin pernyataan sikap yang ditandatangani oleh para peserta seminar dari berbagai unsur masyarakat tersebut. Pertama, menyadari bahwa LGBT adalah sesuatu yang berbahaya baik secara agama, moral, budaya, medis maupun psikologis. Kedua, adanya fenomena seperti gunung es bahwa ada 77 orang pengidap HIV yang berkonsultasi di Payakumbuh apalagi yang tidak berkonsultasi tentu lebih banyak lagi. Dan kebanyakan penularannya melalui LGBT.

"Oleh karena itu, kami menolak LGBT dan meminta seluruh lapisan masyarakat agar mensosialisasikan serta menjaga komponen masyarakat dari perilaku LGBT," ujar Doktor jebolan Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Terakhir, Arman menambahkan, para pemangku kepentingan seperti Pemko Payakumbuh, Kepolisian, TNI, MUI, LKAAM, dan seterusnya, agar melarang perilaku LGBT di Kota Payakumbuh.

"Kami minta Pemko menyiapkan Perda tentang Pencegahan, Penanggulangan, Penindakan, Pelarangan, dan Rehabilitasi Korban LGBT secara komprehensif," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman mengatakan sebenarnya penindakan terhadap LGBT sudah diakomodir oleh Perda Pekat (Penyakit Masyarakat). Namun di sisi lain, ia menyambut positif pernyataan sikap dari elemen masyarakat Payakumbuh. Ia mengaku Pemko akan mempelajari dan mempertimbangkan perlunya keberadaan perda tersebut.

"Kalau kami di bidang kesehatan secara tupoksi tentu menangani mereka yang sudah berkonsultasi maupun yang berobat untuk penyembuhan. RSUD dan lima Puskesmas di Payakumbuh sudah siap untuk melayani pasien pengidap HIV/AIDS," pungkasnya. (h/mg-ari)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 15:52:02 WIB

    Dikunjungi TSR, Warga Keluhan Polusi Abu PLTU

    Dikunjungi TSR, Warga Keluhan Polusi Abu PLTU SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Keluhan polusi asap dan abu bekas pembakaran batubara di PLTU Sektor Ombilin, tidak hanya berakhir dengan aksi protes masyarakat, namun juga menjalar hingga ke tim ramadan Kota Sawahlunto 1440 H.
  • Jumat, 03 Mei 2019 - 01:35:26 WIB

    Jasad Warga Singkarak Ditemukan Dalam Keadaan Membusuk

    Jasad Warga Singkarak Ditemukan Dalam Keadaan Membusuk SINGKARAK, HARIANHALUAN.COM - Warga Nagari Singkarak Kec. X Koto Singkarak gempar akibat penemuan mayat di kantor sekretariat KAN setempat, Kamis (2/5). Mayat yang diketahui bernama Ramalis (64) warga Jorong Tampunik Suku Si.
  • Selasa, 23 April 2019 - 12:54:57 WIB

    Warga Sicincin-LA Kukuh Tolak Trase Tol

    Warga Sicincin-LA Kukuh Tolak Trase Tol PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan mengusulkan perubahan trase jalan tol Padang Pariaman-Pekanbaru yang melewati Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, dan Na.
  • Jumat, 19 April 2019 - 21:12:01 WIB

    Warga Gempar, Ketua KPPS Ditemukan Tewas Gantung Diri

    Warga Gempar, Ketua KPPS Ditemukan Tewas Gantung Diri SLEMAN, HARIANHALUAN.COM—Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 21 Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Tugiman (53), ditemukan  tewas  gantung diri di belakang rumahnya..
  • Ahad, 14 April 2019 - 12:58:32 WIB

    Gelar Orasi, Perantau dan Warga Batu Bolang Tolak Pemberian Nama Kampung Jokowi

    Gelar Orasi, Perantau dan Warga Batu Bolang Tolak Pemberian Nama Kampung Jokowi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUANC0M – Sebagian warga di Nagari Batu Bolang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota merasa terganggu setelah adanya peresmian Kampung Jokowi di daerah mereka. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM