23.026 Warga Padang Terdampak Kekeringan


Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:31:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
23.026 Warga Padang Terdampak Kekeringan Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Akibat  cuaca panas terik beberapa minggu belakangan yang terjadi di Kota Padang, puluhan ribu jiwa terdampak kekeringan. Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang sekitar 23.026 jiwa mengalami kekeringan.

Para korban Tersebar di tiga kecamatan yakni Lubuk Begalung, Padang Selatan dan Lubuk Kilangan, di delapan Kelurahan. Paling parah terjadi di Kelurahan Kampung Jua, sebanyak 5.193 jiwa membutuhkan air bersih. Kemudian Kelurahan Batung Taba, mencapai 5.153 jiwa, dan di Kelurahan Batang Arau ada 4.400 jiwa yang mengalami kekeringan.

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi mengatakan, terjadinya kekeringan di 5.159 keluarga tersebut, pihaknya langsung menurunkan belasan mobil tangki air bersih. Untuk membantu kebutuhan pasokan air masyarakat yang sudah mengalami kekeringan. \

Pada Kamis (8/2), BPBD bersama dengan TRC Semen Padang beserta PDAM membantu pendistribusian sekitar 10 ribu liter air bersih ke Kelurahan Kampung Jua. “Di Kampung Jua, ada dua unit mobil tangki air bersih TRC Semen Padang dan PDAM. Kemudian,  satu tangki air dari BPK Semen Padang,”sebut Edi kepada Haluan, Jumat (9/2).

Sambung Edi, pada hari yang sama di Kelurahan Baringin juga dibantu dua tangki air dari PDAM. Dilanjutkan ke Kelurahan Tarantang ada delapan unit mobil tangki yang membantu sekitar 3.500 jiwa yang terdampak kekeringan. Ada tiga unit dari Nissan Terrano Club, 2 tangki dari TRC Semen Padang, dan 5 unit tangki air dari Corola Club.

“Kami sangat menerima bantuan dari komunitas yang ingin membantu pendistribusian air bersih,”jelas Kalaksa BPBD Kota Padang ini.

Edi berharap hujan akan segera turun di Kota Padang, sehingga bencana kekeringan dapat diatasi. Untuk itu, ia menyarankan kelurahan atau kecamatan untuk mengadakan salat istisqa atau salat memohon hujan turun.

“Bagaimana pun kita harus meminta bantuan kepada Allah SWT untuk bisa menurunkan hujan. Sehingga bencana kekeringan tidak semakin meluas. Karena dampaknya tidak hanya masyarakat kekurangan air bersih, tetapi dikhawatirkan areal pertanian mengalami gagal panen akibat kekeringan,”katanya.

Salat Minta Hujan

Terkait kekeringan yang terjadi, DPRD Padang mengimbau Pemko Padang dan warga untuk melakukan salat minta hujan (istisqa) agar hujan segera diturunkan Allah. "Imbauan ini untuk warga dan pemerintah Kota Padang, agar menggelar salat istisqa, sehingga hujan segera diturunkan Allah," ujar anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Amrizal Hadi, Kamis (8/2).

Ia mengatakan, Pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kantor Kementerian Agama hendaknya segera menggelar salat minta hujan. Dijelaskan, salat yang diikuti berbagai elemen masyarakat ini nantinya diharapkan hujan bisa segera turun

"Salat istisqa merupakan bagian dari upaya umat muslim berserah diri kepada Allah untuk meminta diturunkan hujan sehingga harus didukung oleh pemerintah dan masyarakat,"ucapnya.

Menurutnya, hampir seluruh wilayah Padang tidak pernah diguyur hujan selama satu bulan terakhir sehingga membuat udara panas dan suhu tinggi terutama pada siang hari. Disebutkan, dampak buruk kondisi cuaca menyebabkan kebakaran lahan dan semak sehingga mengganggu aktivitas masyarakat di luar rumah.

"Makanya, pemerintah bersama pihak terkait agar menggelar salat minta hujan, sehingga wilayah Kota Padang secara keseluruhan di guyur hujan sehingga suhu dan udara menjadi nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Gustin Pramona menyerukan, umat Islam memenuhi persyaratan salat istisqa. Isi seruan yakni menganjurkan puasa sebelum salat, beristigfar dan bertobat atas segala salah dan dosa serta meninggalkan kedzaliman dan memperbanyak amal saleh. "Setelah melihat kondisi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga mengakibatkan kepada kekeringan di Kota Padang dan berdasarkan atas Alquran dan Sunnah. Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan istisqa," ujarnya. (h/mg-mel/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM