Kecamatan MKS Segera Miliki Posko Damkar


Senin, 12 Februari 2018 - 02:40:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kecamatan MKS Segera Miliki Posko Damkar WALI KOTA Bukittinggi, Ramlan Nurmatias melakukan peletakan batu pertama pembangunan Posko Damkar untuk Kecamatan MKS di belakang Kantor Camat setempat. GATOT

BUKITTINGGI HALUAN - Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias didampingi Wakil Walikota, Irwandi melakukan peletakan batu pertama pembangunan posko Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk wilayah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), Kamis (8/2). Pembangunan Posko Damkar tersebut dilakukan di belakang Kantor Camat setempat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bukittinggi, Martius Bayu mengatakan, pembangunan posko Damkar untuk wilayah Kecamatan MKS ini sehubungan tingginya volume kendaraan di dalam Kota Bukittinggi. Akibatnya jika terjadi musibah kebakaran, maka akses Damkar untuk mencapai lokasi kebakaran itu cukup terganggu karna waktu tempuh menuju lokasi dan proses pemadaman akan semakin lama.

“Untuk itulah dibutuhkan posko atau sektor pemadam disetiap kecamatan, sehingga kendala waktu menuju lokasi dapat diatasi dan lebih cepat. Dengan dilakukannya peletakan batu pertama ini, kedepannya juga akan diupayakan pemenuhan sarana prasarana dengan meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait, termasuk sosialisasi dengan seluruh elemen,” kata Martias Bayu

Menurutnya, dengan adanya posko Damkar di setiap kecamatan, nantinya juga akan direkruit para relawan kebakaran pada setiap kelurahan. Saat ini sudah ada lima orang relawan per kelurahan untuk Kecamatan MKS. Sementara kedepan ditargetkan menjadi 50 orang relawan untuk masing masing kelurahan di Bukittinggi.

Sementara, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan, dinas pemadam kebakaran harus memiliki respon cepat terhadap musibah kebakaran yang terjadi, agar bahaya kebakaran dapat diminimalisir dan tidak menyebar luas.

Untuk antisipasi hal itu, maka perlu membangun sektor pemadam kebakaran pada tiga kecamatan yang ada di Bukittinggi. Dengan tujuan agar mobil Damkar bisa cepat sampai di lokasi.

Diakuinya, pada tahun 2016 lalu ada sekikar 115 kasus kebakaran yang ditangani oleh Damkar. Sedangkan pada 2017 naik menjadi 130 kasus kebakaran, yang kesemuanya itu dapat ditangani secara baik oleh Damkar Bukittinggi maupun daerah tetangga. Dengan kejadian tersebut membuktikan bahwa kasus kebakaran sering terjadi dan kerugiannya harus diminimalisir dengan respon cepat.

“Dengan sudah adanya posko pemadam di kecamatan ini, tentunya kasus atau musibah kebakaran di Bukittinggi dapat cepat diatasi. Sehingga kerugian yang diderita warga dapat ditekan. Setiap kecamatan nanti akan ditempatkan dua unit mobil Damkar yang dapat segera menjangkau daerah masing-masing sebelum datang bantuan lainnya,” ujar Ramlan.

Kedepan ulasnya, diharapkan upaya dalam pencegahan bahaya kebakaran harus dapat ditingkatkan dengan melakukan sosialisasi ke seluruh pihak. Termasuk kepada ibu rumah tangga, pegawai restoran yang berhubungan langsung dengan alat masak. Sehingga jika terjadi musibah warga tidak panik dan dapat berusaha melakukan pemadaman cepat.

"Pembangunan pos Damkar untuk sektor Kecamatan MKS ini ditargetkan selesai tahun 2018 ini. Sedangkan untuk Kecamatan Guguk Panjang dan ABTB akan dibangun tahun depan," terang Ramlan.

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Sekdako bersama sejumlah kepala OPD dan beberapa perwakilan pemadam kebakaran dari Agam, Padang Panjang, Payakumbuh dan 50 Kota. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Juli 2018 - 12:11:09 WIB
    HKm PADANG KUBUAK JADI HANDALAN

    Tiada Henti Berinovasi, Kecamatan Matur Hadirkan Lagi Objek Wisata Baru

    Tiada Henti Berinovasi, Kecamatan Matur Hadirkan Lagi  Objek Wisata Baru MATUR,  HARIANHALUAN.COM-Kecamatan Matur Kabupaten Agam yang selama ini sudah terkenal hingga mancaegara mengenai pariwisata dan keindahan alamnya tidak berhenti melahirkan inovasi demi inovasi baru..
  • Selasa, 10 Juli 2018 - 19:21:20 WIB

    Semarak dan Meriah, MTQ ke-38 Agam Dihelat  di Kecamatan Matur  

    Semarak dan Meriah, MTQ ke-38  Agam Dihelat  di Kecamatan Matur   AGAM,HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke-38 tahun 2018, resmi dibuka  Bupati Agam Indra Catri,Selasa (10/9)..
  • Senin, 26 Maret 2018 - 01:54:35 WIB

    13 Kecamatan di Pessel Rawan Bencana Alam

    13 Kecamatan di Pessel Rawan Bencana Alam PAINAN, HALUAN - Tiga Belas Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan rawan terhadap bencana alam. Dalam upaya penanggulangan resiko tersebut, dibutuhkan tenaga trampil tanggap darurat dalam membantu korban. Hal ini disampaikan .
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:42:57 WIB
    PEMBANGUNAN SHELTER JADI PRIORITAS

    12 Kecamatan Masuk Zona Merah

    PAINAN, HALUAN — Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sebagai daerah rawan gempa dan juga berdampak tsunami, sangat membutuhkan keberadaan shelter sebagai jalur evakuasi warga setempat, sehingga keberadaanya sangat diharapka.
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 01:00:18 WIB

    Jalan Kecamatan di Batu Kalang Rusak Parah

    Jalan Kecamatan di Batu Kalang Rusak Parah PADANG PARIAMAN, HALUAN - Masyarakat Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman sangat mengharapkan perbaikan ruas jalan kabupaten yang ada di dalam nagari itu. Pasalnya, saat ini kondisi jalan terse.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM