Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi


Senin, 12 Februari 2018 - 18:58:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi Dokumentasi Haluan

Jajaran Bareskrim Polri membuktikan keseriusannya dalam menindaklanjuti laporan pengusaha Basrizal Koto terkait penyerobotan dan perusakan Basko Hotel dan Basko Grand Mall. Berhari-hari turun ke Kota Padang, Bareskrim membawa sejumlah bukti dan data. Selanjutnya, gelar perkara akan segera dilaksanakan.

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri, Sabtu (10/2) menuntaskan tugasnya di Padang terkait laporan penyerobotan dan perusakan Basko Hotel dan Basko Grand Mall. Dalam Waktu dekat, pemeriksaan saksi dan terlapor akan dilaksanakan di Mabes Polri.

Tim Bareskrim sampai di Padang, Kamis (8/2) sore. Sejak hari itu, enam personel tim di bawah pimpinan AKBP Ruslan Abd Rasyid memeriksa dan memintai keterangan belasan saksi fakta dan sejumlah pihak terkait.

"Sabtu kemarin, tim Bareskrim turun ke lokasi penyerobotan dan perusakan. Mereka melakukan olah TKP dengan dihadiri pihak Basko dan PT KAI," kata John Mathias, Penasehat Hukum H Basrizal Koto kepada wartawan di Padang, Sabtu (10/2).

Dari pemeriksaan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan tim Bareskrim, menurut John, bukti dan unsur tindak pidana yang dilaporkan kliennya, terindikasi cukup dan kuat. Selesai pemeriksaan, wawancara dan olah TKP, tim Bareskrim segera memangggil secara resmi pihak terlapor dan akan memeriksa mereka di Mabes Polri.

Setelah semua lengkap, maka seluruh hasil pemeriksaan berikut hasil olah TKP akan dibahas dalam gelar perkara internal di Bareskrim Mabes Polri untuk menentukan terpenuhi atau tidaknya unsur tindak pidana yang dilaporkan.  

"Dari gelar perkara itu, kami tentu berharap proses penyelidikan yang dilakukan Bareskrim sekarang bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan," ujar John, pengacara senior yang sudah puluhan tahun malang melintang mengurus perkara di Mabes Polri ini.

Jika penyelidikan naik ke tingkat penyidikan, papar John, maka bisa diduga, sejumlah oknum yang terlibat dalam penyerobotan dan perusakan Hotel Basko dan Basko Grand Mall, akan jadi tersangka.

Sebelumnya, pengusaha Minang H Basrizal Koto yang biasa dipanggil Basko, didampingi penasehat hukumnya melaporkan tujuh aktor yang berperan dalam eksekusi yang terjadi Kamis (18/1) di kawasan Basko Hotel dan Basko Grand Mall, Jalan Hamka, Padang itu.

Ketujuhnya adalah Sulthon, Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Drajat, Manajer Aset PT KAI Divre II Sumbar, Astri, kuasa hukum PT KAI, Mario Eka Putra dan Zahirullah dari Kantor Pertanahan Padang (BPN), Reflizailius dan Basrul dari Pengadilan Negeri Padang.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM