Gempa 4,6 SR Guncang Pessel, Warga Surantih Panik


Senin,12 Februari 2018 - 19:48:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gempa 4,6 SR Guncang Pessel, Warga Surantih Panik Sejumlah pengendara motor tampak berhenti akibat diguncang gempa berkekuatan 4,6 SR yang berpusat di lokasi 1.98 LS,100.75 BT (32 km Barat Daya Pesisir Selatan-Sumbar). Gempa tersebut tepat, di kedalaman 32 Km. (Okis Mardiansyah) 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di sekitaran Pasar Surantih, Kecamatan Sutera, tampak kepanikan saat diguncang gempa magnitudo berkekuatan 4,6 SR, pada Senin (12/2), sekitar pukul 16.56 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG Ketaping merilis, info gempa dengan magnitudo 4.6 SR, berpusat di lokasi 1.98 LS,100.75 BT (32 km Barat Daya Pesisir Selatan-Sumbar). Gempa tersebut tepat, di kedalaman 32 Km. 

Pantauan Haluan dilapangan, tak hanya warga yang tinggal disekitaran pasar Surantih, berhamburan keluar rumah. Namun, para pengendara yang sedang melintas sempat terhenti dan berteriak akibat merasakan guncangan gempa yang datang secara tiba-tiba tersebut.


"Allahuakbar, berhenti ada gempa," sebut Neli (48), salah seorang pengendara motor yang sedang melintasi pasar Surantih. 

Sementara itu, Desri Mayeni (29), warga pasar Surantih, mengaku kaget dan gemetaran saat gempa terjadi. Saat itu, ia langsung belarian kekamar tidur sembari menggendong anaknya yang masih tertidur pulas.

"Anak saya masih kecil, baru berusia 2,5 tahun. Tadi saat gempa, dia masih tidur. Dengan spontan langsung saya bawa keluar rumah. Apalagi bangunan rumah saya juga bertingkat, saya sangat trauma dengan kejadian gempa di Padang," sebutnya saat itu. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada terpantau bangunan atau rumah warga yang rusak akibat peristiwa gempa berkekuatan magnitudo 4.6 SR, yang berpusat di lokasi 1.98 LS,100.75 BT (32 km Barat Daya Pesisir Selatan-Sumbar). BPBD Pessel, juga belum memberi laporan terkait gempa tersebut, apakah berpotensi tsunami atau tidak. (h/kis)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,06 April 2018 - 09:19:47 WIB

    Mentawai 11 Kali Diguncang Gempa, Badrul Mustafa: Ancaman Megatrush Mentawai Masih Besar

    Mentawai 11 Kali Diguncang Gempa, Badrul Mustafa: Ancaman Megatrush Mentawai Masih Besar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Padang Panjang mencatat selama Kamis (5/4), daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah 11 diguncang gempa dengan kekuatan yang beragam..
  • Selasa,13 Februari 2018 - 09:22:10 WIB

    Gempa Pessel Dipicu Aktivitas Subdusksi

    Gempa Pessel Dipicu Aktivitas Subdusksi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang menyatakan, gempa berkekuatan 4,6 skala Richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Pesisir Selatan diduga akibat adanya aktivitas s.
  • Kamis,02 November 2017 - 17:31:03 WIB

    Gempar, Ada Peti Jenazah Mengapung di Danau Singkarak

    Gempar, Ada Peti Jenazah Mengapung di Danau Singkarak SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Warga Nagari Muaropingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok dibuat gempar dengan penemuan peti jenazah mengapung di Danau Singkarak, Rabu (1/11)..
  • Senin,16 Oktober 2017 - 16:27:21 WIB

    Warga Pessel Gempar, Ada Penemuan Tengkorak Manusia di Rumah Tua

    Warga Pessel Gempar, Ada Penemuan Tengkorak Manusia di Rumah Tua PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Warga Kampung Labuhan, Kenagarian Pasir Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), buncah dikarenakan adanya penemuan sesosok Tengkorak Manusia, disebuah rumah kosong, te.
  • Sabtu,30 September 2017 - 14:10:53 WIB

    Doa Tulus Andre Rosiade di Peringatan Gempa 30 September Jadi Viral

    Doa Tulus Andre Rosiade di Peringatan Gempa 30 September Jadi Viral Doa tulus yang mengalir dari Andre tersebut sontak menjadi viral. Puluhan ribu orang melihat status yang disertai video kepanikan ketika gempa terjadi. Kolom komentar dipenuhi juga panjatan doa, dan harapan, agar apa yang dih.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM