Ikan Larangan Dapat Tingkatkan Ekonomi 


Senin,12 Februari 2018 - 20:40:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ikan Larangan Dapat Tingkatkan Ekonomi  Disaksikan kapolsek dan tokoh masyarakat setempat, tokoh rantau Arisal Azis menebar benih ikan di aliran Sungai Batang Naras, Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, Minggu (11/2). DEDI SALIM

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COMMasyarakat 8 nagari di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, sepakat untuk menjadikan aliran Sungai Batang Nareh sebagai tempat ikan larangan.

Kesepakatan itu digagas seluruh stakeholder terkait di korong-korong dalam 8 nagari yang ada di Kecamatan V Koto Kampung Dalam bersama tokoh rantau, H. Arisal Azis, Sabtu malam (10/2), di Masjid Raya Ismael Pasar Kampung Dalam.

Hadir dalam pertemuan tersebut 49 wali korong, ketua pemuda korong, ninik mamak, alim ulama, wali nagari se Kecamatan V Koto Kampung Dalam, camat dan Muspika.

Sebagai wujud dukungan untuk lokasi ikan larangan tersebut, Arisal Azis spontan langsung membantu bibit ikan sebanyak 150 ribu ekor. Dan bibit itu langsung ditebarkan pada sungai Batang Naras, Minggu (11/2).

Benih ikan jenis nila gif dan ikan mas itu, ditebar pada seluruh korong-korong yang dilalui oleh aliran Sungai Batang Naras. Disaksikan oleh berbagai kalangan tokoh masyarakat, penebaran benih ikan perdana dilakukan oleh Arisal Azis.

Usai penebaran ikan tersebut, Arisal Azis pada Haluan menyampaikan, bahwa penebaran benih ikan tersebut, hanya pancingan pada warga untuk sama-sama melestarikan ikan larangan di sungai.

Ikan larangan, aku Arisal, memiliki dampak multi pada masyarakat. Karena dengan adanya ikan larangan air sungai akan bersih. Dengan ikan larangan juga akan mampu meningkatkan sumber ekonomi serta kunjungan wisata.

"Kalau kunjungan wisata ramai ke sungai, maka akan muncul sumber-sumber ekonomi baru pada warga," ujar pemilik Indah Cargo ini.

Dengan adanya ikan larangan, lanjuta Arisal, juga akan mampu menghasilkan pendapatan untuk pembangunan nagari.

"Dengan adanya ikan larangan ini, masyarakat bisa satu kali dalam 6 bulan melaksanakan lomba memancing ikan, yang keuntungan bisa untuk membangun nagari," terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak warga untuk sama-sama melestarikan sungai yang ada dan menjadikan sungai sebagai suatu daya tarik. (h/ded).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,14 Februari 2018 - 09:43:11 WIB

    Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan

    Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan AGAM, HARIANHALUAN.COM – Bupati Agam Indra Catri meresmikan pemakaian jalan beton lingkung Jorong Koto Tinggi, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan yang dibangun PT.PLN, Senin (12/2). .
  • Sabtu,10 Februari 2018 - 11:07:15 WIB

    Jalan Penguhubung Muaro-Silokek Diresmikan

    Jalan Penguhubung Muaro-Silokek Diresmikan SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM —Jalan utama penghubung antara Silokek dengan ibukota Kabupaten Sijunjung akhirnya bisa dilalui dan diresmikan oleh Kepala BNPB melalui Deputi III Rehab Rekon RI, Harmensyah, Kamis (8/2). .
  • Rabu,31 Januari 2018 - 22:32:16 WIB

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli  Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM- Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mencanangkan 2018 sebagai tahun peduli, dan meresmikan 12 unit bangunan baru di Lingkungan Pemkab Agam, Rabu (31/1) Lubuk Basung. .
  • Jumat,17 November 2017 - 11:34:56 WIB

    Irfendi Arbi: Honor Guru Mengaji Harus Diperhatikan

    Irfendi Arbi: Honor Guru Mengaji Harus Diperhatikan LIMAPULUH KOTA, HALUAN - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, guru mengaji merupakan pekerjaan yang mulia dan bernilai ibadah. Namun tak jarang mereka melaksanakan pengajaran tulis baca Alquran dengan honor yang ku.
  • Senin,06 November 2017 - 00:53:44 WIB

    Menag RI Resmikan Rusunawa Al Kautsar

    Menag RI Resmikan Rusunawa Al Kautsar SARILAMAK, HALUAN - Pesantren adalah corak pendidikan asli Indonesia. Pendidikannya sesuai dengan akar budaya Indonesia. Ia mengakar dengan kearifan lokalnya. Hal ini disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat mer.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM