Ikan Larangan Dapat Tingkatkan Ekonomi 


Senin, 12 Februari 2018 - 20:40:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ikan Larangan Dapat Tingkatkan Ekonomi  Disaksikan kapolsek dan tokoh masyarakat setempat, tokoh rantau Arisal Azis menebar benih ikan di aliran Sungai Batang Naras, Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, Minggu (11/2). DEDI SALIM

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COMMasyarakat 8 nagari di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, sepakat untuk menjadikan aliran Sungai Batang Nareh sebagai tempat ikan larangan.

Kesepakatan itu digagas seluruh stakeholder terkait di korong-korong dalam 8 nagari yang ada di Kecamatan V Koto Kampung Dalam bersama tokoh rantau, H. Arisal Azis, Sabtu malam (10/2), di Masjid Raya Ismael Pasar Kampung Dalam.

Hadir dalam pertemuan tersebut 49 wali korong, ketua pemuda korong, ninik mamak, alim ulama, wali nagari se Kecamatan V Koto Kampung Dalam, camat dan Muspika.

Sebagai wujud dukungan untuk lokasi ikan larangan tersebut, Arisal Azis spontan langsung membantu bibit ikan sebanyak 150 ribu ekor. Dan bibit itu langsung ditebarkan pada sungai Batang Naras, Minggu (11/2).

Benih ikan jenis nila gif dan ikan mas itu, ditebar pada seluruh korong-korong yang dilalui oleh aliran Sungai Batang Naras. Disaksikan oleh berbagai kalangan tokoh masyarakat, penebaran benih ikan perdana dilakukan oleh Arisal Azis.

Usai penebaran ikan tersebut, Arisal Azis pada Haluan menyampaikan, bahwa penebaran benih ikan tersebut, hanya pancingan pada warga untuk sama-sama melestarikan ikan larangan di sungai.

Ikan larangan, aku Arisal, memiliki dampak multi pada masyarakat. Karena dengan adanya ikan larangan air sungai akan bersih. Dengan ikan larangan juga akan mampu meningkatkan sumber ekonomi serta kunjungan wisata.

"Kalau kunjungan wisata ramai ke sungai, maka akan muncul sumber-sumber ekonomi baru pada warga," ujar pemilik Indah Cargo ini.

Dengan adanya ikan larangan, lanjuta Arisal, juga akan mampu menghasilkan pendapatan untuk pembangunan nagari.

"Dengan adanya ikan larangan ini, masyarakat bisa satu kali dalam 6 bulan melaksanakan lomba memancing ikan, yang keuntungan bisa untuk membangun nagari," terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak warga untuk sama-sama melestarikan sungai yang ada dan menjadikan sungai sebagai suatu daya tarik. (h/ded).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 November 2018 - 14:06:03 WIB

    Seleksi CPNS Sawahlunto, 1.300 Pelamar Dipastikan Tersingkir

    Seleksi CPNS Sawahlunto, 1.300 Pelamar Dipastikan Tersingkir SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 1.300 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Sawahlunto 2018 dipastikan akan tersingkir. Pasalnya, dari 1.385 peserta yang ikut, peluang lowongan yang tersedia hanya u.
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 19:10:04 WIB

    Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes

    Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Desa diminta tidak latah-latahan dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bukan badan usahanya, desa musti membangun usaha terlebih dahulu dibandingkan mendirikan lembaga yang akan men.
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:40:04 WIB

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM-- Dinilai berhasil oleh masyarakat menyelesaikan konflik perbatasan antara nagari Saningbaka dengan Nagari Muoropingai, Kapolres Solok Kota,AKBP  Dony Stiawan dianugrahi piagam penghargaan oleh Yaya.
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:45:47 WIB

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pasar Kuraitaji Pariaman, yang berpredikat nomor dua terbaik dalam pengelolaan pasar tinggkat Provinsi Sumatera Barat, diresmikan Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, Kamis (4/10)..
  • Senin, 17 September 2018 - 12:22:44 WIB

    10 Ribu Benih Ikan Gariang Ditebar di Batang Antokan

    10 Ribu Benih Ikan Gariang Ditebar di Batang Antokan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam manfaatkan sungai air deras (batang Antokan), sebagai lokasi untuk budidaya ikan maseer (gariang)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM