Penderita Gizi Buruk di Pessel Akan Dirujuk ke Padang


Selasa, 13 Februari 2018 - 09:28:32 WIB
Penderita Gizi Buruk di Pessel Akan Dirujuk ke Padang Ilustasi/Haluan

PAINAN, HARIANHALUAN.C0M - Hingga saat ini, penanganan terhadap balita penderita gizi buruk terus digencarkan oleh Lisda Hendrajoni selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Diketahui, 11 anak yang menderita gizi buruk beberapa waktu lalu, 7 diantaranya sudah dipulangkan dari RSUD M.Zein Painan dan 4 anak diantaranya masih mendapat perawatan secara intensif.

"Jadi, untuk penanganan lanjutan kepada 4 anak tersebut akan kita rujuk ke RSUP M.Djamil Padang, sebagian ada juga yang di bawa ke RS Jakarta," sebut Lisda di Painan. Senin (12/2).

Baca Juga : Menteri LHK Cari Solusi Ekonomis bagi Warga Desa Bangun yang Sempat Bergantung pada Pemilahan Sampah

Dijelaskan Lisda, terganggunya perkembangan fisik ke empat anak tersebut bukan hanya disebabkan karena kurangnya asupan gizi sejak lahir, namun mereka juga mengidap penyakit.

"Penyakit yang mereka derita, ada yang disebabkan bawaan sejak lahir, seperti kelainan jantung hingga sanitasi jelek sehingga anak mudah terserang TBC paru dan mereka memerlukan pongabatan lanjutan," ungkapnya.

Baca Juga : Kasus Dugaan Pencemaran Perusahaan Sawit PT IIS, Warga Tunggu Hasil Labor Diumumkan

Sementara itu, Kabid Kesmas pada Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Yuni Andra, mengatakan, pelayanan terhadap masyarakat pada Posyandu masing-masing nagari, masih tetap berjalan maksimal seperti biasa. Sebab Posyandu kata dia, adalah milik nagari.

"Jadi, dana untuk kegiatan dalam pelaksanan di Posyandu juga tanggung jawab pemerintahan nagari masing-masing. Pihak Puskesmas hanya mendatangkan paramedis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak," jelasnya.

Baca Juga : Duh, Pemukiman Penduduk Hingga Bandara Masuk Kawasan Hutan Lindung

Menurutnya, bicara masalah gizi buruk di Pessel, tak bisa menyalahkan siapa siapa. Sebab, persoalan kesehatan masyarakat merupakan perhatian dan tanggung jawab semua pihak dan tak terlepas dari upaya pencegahan pada pribadi masing-masing.

"Persoalan kesehatan adalah tanggung jawab kita semua. Jadi, kita tak perlu menyalahkan satu sama lainnya. Saat ini, bagaimana kita bisa memaksimalkan peran serta semua stakeholder yang ada, termasuk peran tokoh masyarakat, pemuda, alim ulama dan ninik mamak untuk menjaga lingkungan," ajaknya.

Baca Juga : Duh, Lima Kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten Masih Dilanda Banjir

Menurutnya, dengan bantuan dari ketua TP-PKK Pessel yang melibatkan pihak ketiga Saleema Foundation USA, ke empat anak yang menderita gizi sangat buruk akan segera di rujuk ke M.Djamil Padang dan sebagian akan dibawa ke RS Jakarta.

"Ya, Insya Allah Rabu depan akan kita rujuk ke RSUP M.Djamil Padang. Dari pihak keluarga sudah ditanggung uang saku untuk biaya menunggu pasien selama dirawat," tutupnya. (h/kis)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]