Selamatkan Hutan, KPH Agam Bentuk PPHBN


Selasa,13 Februari 2018 - 09:35:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Selamatkan Hutan, KPH Agam Bentuk PPHBN Ilustasi/Haluan

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai kebijakan diambil pihak KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Agam Raya, untuk menyelamatkan hutan di wilayah kerjanya, seperti disampaikan Kepala KPH Agam Raya, Ir. Afniwirman, di Lubuk Basung akhir pekan kemarin.

Kebijakan dimaksud adalah melibatkan masyarakat, dengan membentuk Satgas Petugas Penyelamatan Hutan Berbasis Nagari (PPHBN) di masing-masing nagari. Petugas dimaksud diangkat dengan Surat Keputusan Kadishut Provinsi Sumatera Barat.

“Di setiap kecamatan di Agam, sudah ada PPHBN. Keberadaan mereka sangat membantu upaya pengawasan dan penyelamatan hutan, terutama dalam memberi informasi seputar pelaku perambah hutan,” ujarnya.

Personil PPHBN diambil dari waga yang memiliki semangat untuk menyelamatkan hutan dan lingkungan dekat pemukiman mereka. Mereka tidak digaji, hanya diberi sekedar insentif, pakaian seragam.

Kemudian membentuk Kelompok Perhutanan Sosial, dengan skema hutan nagari dan hutan kemasyarakatan. Sampai saat ini sudah terbentuk 10 kelompok, yang telah terbit izin pengelolaannya dari Menteri LHK.

Kelompok dimaksud adalah Hutan Kemasyakatan Kampuang Malayu Saiyo, Hutan Nagari Lubuk Basung, Hutan Nagari Koto Kaciak, Hutan Nagari Baringin, Hutan Kemasyarakatan Matua Hilia, Hutan Kemasyarakatan Koto Tangah, Hutan Nagari Simarasok, Hutan Nagari Padang Tarok, dan Hutan Nagari Pagadih.

Upaya penyelamatan hutan juga melibatkan Babinkamtibmas di masing-masing nagari. Rencana kerja sama ini telah dibicarakan dengan Kapolres Agam.

“MoU nya sedang dalam proses antara Kepala KPH dengan Kapolres Agam, tentang Pengamanan Hutan dan Tindak Pidana Kehutanan,”ujarnya pula. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,04 Agustus 2016 - 04:25:50 WIB

    Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan

    Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman menerbitkan Keputusan Nomor 127/KEP/BPP/2016, tentang Pembentukan Majelis Pertimbangan dan Sekretariat Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pe.
  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM