BPJS Ketenagakerjaan Padang Santuni Korban Kecelakaan Kerja


Selasa, 13 Februari 2018 - 09:54:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BPJS Ketenagakerjaan Padang Santuni Korban Kecelakaan Kerja KABAG Pemasaran BPJS TK Padang, Dwi Emanto Rahman Hajianto didampingi Kadisnakertrans Sumbar, Nasrizal menyerahkan santunan kepada salah seorang ahli waris saat peringatan bulan K3, Sabtu (10/2). IST

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang menyerahkan santunan kepada lima ahli waris korban kecelakaan kerja dan kematian, Sabtu (10/2) di Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat. Total santunan yang diberikan kali ini mencapai angka lebih kurang Rp1 miliar.

Diantara ahli waris penerima santunan antara lain ahli waris dari Anwar Tanjung yang mendapatkan santunan sebesar Rp136.746.900, ahli waris Feri hariyanto sebesar Rp114.261.200, ahli waris dari Indra Iswandi sebesar Rp178.200.000, ahli waris dari Nursuhud sebesar Rp100.100.000 dan ahli waris dari Sukiyanto, yang menerima santunan sebesar Rp180.483.764.

“Sebenarnya hanya empat orang penerima santunan yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan Padang. Satu penerima santunan lainnya merupakan ahli waris dari korban kecelakaan di Kebayoran Baru Jakarta. Namun itulah bagusnya BPJS TK ini, bisa diurus dimanapun mereka bekerja,” sebut Kepala Cabang Padang BPJS Ketenagakerjaan Padang, Aland Lucy Patitty yang diwakili oleh Kepala Bagian Pemasaran, Dwi Emanto Rahman Hajianto kepada Haluan.

Lebih jauh disampaikan Dwi Emanto, BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan hak-hak bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, baik itu kematian, cacat dan beasiswa bagi ahli warisnya.

“Santunan ini adalah hak dari mereka yang sudah ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu wajib kiranya kita berikan kepada ahli warisnya,” tambahnya.

Dijelaskannya, BPJS Ketenagakerjaan sendiri, sangat berkepentingan dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya. “K3 merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja dalam menjalankan tugasnya,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, untuk menciptakan lingkungan kerja yang nihil kecelakaan kerja (zero accident), perusahaan diminta memakai alat-alat K3 sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Sebagaimana diketahui, terhitung tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2018 ini diperingati sebagai bukan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Tahun ini merupakan kali keempatnya dilakukan di Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program untuk melindungi pekerja dari risiko-risiko sosial yang mungkin terjadi yaitu program JKK, Jaminan Kematian (JKM), JHT dan juga Jaminan Pensiun (JP). Selain manfaat dari program yang sudah disebutkan, ternyata ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. (h/rel/hel)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:37:53 WIB

    Iuran BPJS Warga Miskin Ditanggung Baznas

    PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yit­no mengatakan saat ini data masyarakat miskin di Sumbar masih belum valid, karena masih banyak ditemui ma­syarakat miskin yang belum mendapatkan jaminan kese­hatan. Untuk.
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:44:21 WIB

    Perangkat Nagari Ikut BPJS Ketenagakerjaan

    Perangkat Nagari Ikut BPJS Ketenagakerjaan LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Muhammad Hanif Dhakiri melakukan penandatangan MoU kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di gedung Politani Payakumb.
  • Sabtu, 02 Juli 2016 - 03:11:06 WIB

    Selama Mudik Lebaran 2016, Berobat ke RS Tak Perlu Rujukan BPJS

    Selama Mudik Lebaran 2016, Berobat ke RS Tak Perlu Rujukan BPJS PADANG, HALUAN — Selama mudik Lebaran 2016, peserta aktif BPJS Kesehatan bisa langsung berobat ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tanpa harus membawa rujukan. Aturan ini berlaku di seluruh Indonesia..
  • Kamis, 28 April 2016 - 04:44:30 WIB

    Pekerja Banyak Tak Terdaftar BPJS

    Pekerja Banyak Tak Terdaftar BPJS PADANG, HALUAN—Anggota Ko­misi I DPRD Padang, Ilham Maulana meminta Dinas Sosial dan Kete­nagakerjaan (Dinsos­naker) Kota Padang mengevaluasi peru­sahaan penyalur ketenagakerjaan yang ada di daerah ini. .
  • Sabtu, 09 April 2016 - 05:16:01 WIB

    Astaghfirullah, Iuran BPJS Tetap Naik

    Astaghfirullah, Iuran BPJS Tetap Naik PADANG, HA­LUAN — Iuran BPJS (Badan Pe­nyelenggara Jaminan So­sial) peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah (PBPU) tetap menga­lami kenaikan. Padahal, pemerintah pernah me­nyebutkan pada akhir bulan lalu, tak .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM