Tarbiah Perti Perlu Tampil Jadi Pemersatu


Selasa,13 Februari 2018 - 16:27:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tarbiah Perti Perlu Tampil Jadi Pemersatu FOTO BERSAMA - Bupati Irfendi Arbi dan pengurus Tarbiyah Perti foto bersama dalam suatu acara di MTI Tabek Gadang, VII Koto Talago, Minggu (11/2). ZUL

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) selaku salah satu organisasi Islam diharapkan tampil menjadi pemersatu dan menjaga keutuhan umat. Tak kalah pentingnya Tarbiyah harus terus menerus untuk meningkatkan peran dalam menyiarkan dakwah di tengah masyarakat.

Bupati H Irfendi Arbi, mengatakan hal itu ketika hadir pada acara pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah Perti) yang berlangsung di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Tabek Gadang, Padang Japang, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguk, Minggu (11/2).

“Organisasi Islam Tarbiyah-Perti Luak Limopuluah, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh ini, kita harapkan terus melaksanakan peran menyiarkan dakwah. organsiasi massa Islam itu senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan umat.Berikan kesempatan bagi semua kalangan untuk bisa bergabung ke dalam organisasi ini tanpa memandang partai atau kepentingan politik,” harap Irfendi Arbi.

Hadir dalam kesempatan itu, para pengurus Tarbiyah Perti yang dilantik serta Ketua Umum Pimpinan Daerah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Sumatera Barat, Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat Boy Lestari Dt. Palindih, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Kakan Kemenag Limapuluh Kota dan Payakumbuh, para tokoh agama, kepala kepala sekolah agama dan berbagai elemen masyarakat.

Irfendi juga mengharapkan para pengurus yang baru untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai amanah atau tanggung jawab yang diberikan organisasi. “Kita ingin kepengurusan Tarbiyah-Perti yang baru dilantik ini tampil lebih solid lagi dan mampu melaksanakan setiap program kerja yang dibuat dengan sebaik-baiknya,” tutunya.

Guna menghadapi era globalisasi dewasa ini. Dengan bersatu, akan mampu membekali generasi muda yang siap memenangi persaingan ke depan yang penuh tantangan.

Menurut dia di daerah ini berbagai organisasi Islam seperti Muhammaddiyah, NU dan Tarbiyah-Perti telah disatukan dalam satu wadah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota, untuk melaksanakan berbagai kegiatan syiar agama ke tengah umat. Salahsatunya, kegiatan pelatihan khatib yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dikatakan, Tarbiyah-Perti supaya terus berkontribusi, tidak saja dalam dunia pendidikan Islam, namun juga dalam pembangunan ekonomi syariah. Sebab, pada era kompetisi saat ini, semua negara berlomba untuk menguasai setiap sektor termasuk ekonomi, sumber daya alam dan lainnya. “Lagipula guna menghadapi era globalisasi dewasa ini. Dengan bersatu, akan mampu membekali generasi muda yang siap memenangi persaingan ke depan yang penuh tantangan,” sebut Irfendi.

Sebelumnya Ketua Umum Pimpinan Daerah Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Sumatera Barat Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd meminta pengurus yang baru dilantik melakukan konsolidasi organisasi terhadap pengurus maupun internal. Selain itu membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak termasuk pimpinan daerah.

“Pengurus yang baru harus bisa berkomunikasi yang baik dengan Bupati dan berbagai pihak lainnya. Kita harus bisa menjaga komunikasi untuk menghidupkan organisasi dan sekolah-sekolah kita, dengan komunikasi dan pendekatan religius, kultural dan edukatif,” ujar Sufyarma.

Ditegaskannya, organisasi massa ini tidak lagi berafiliasi dengan partai politik. Siapapun silahkan masuk dan bergabung dengan Tarbiyah-Perti, tapi jangan membawa-bawa partai. “Secara pribadi silahkan berpolitik, tetapi secara organisasi kita independen atau multi partai,” papar Sufyarma.

Sufyarma mengajak para pengurus yang baru terbentuk, untuk melaksanakan dakwah dengan cara bersahabat, santun dan komunikatif agar dapat menjawab persoalan narkoba yang semakin mengacam generasi muda. Acara ditutup dengan tausiah yang disampaikan Boy Lestari Dt. Palindih. Ikut hadir dalam acara itu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Kakan Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh serta para tokoh agama dan berbagai elemen masyarakat lainnya. (h/zkf/mg-ari)

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM