Bursa Kerja Disnakertrans Sumbar, 1.139 Pencaker Tamatan S1


Selasa,13 Februari 2018 - 22:49:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bursa Kerja Disnakertrans Sumbar, 1.139 Pencaker Tamatan S1 Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Sumbar mencatat 1.686 orang pelamar kerja terdaftar dalam bursa kerja (job fair)  yang diadakan selama dua hari (8-9/2) di pelataran Disnakertrans Sumbar.

Dari 1.686 pencari kerja (Pencaker) yang mendaftar itu, pencaker perempuan lebih banyak, mencapai 1.102 orang dan pencaker laki-laki mencapai 584 orang. Kebanyakan berkualifikasi  pendidikan S1 sebanyak 1.139 orang. Selain itu juga ada yang berijazah S2, D3 dan SMA.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal Nazarudin, kepada media Selasa (13/2) mengatakan, berapa yang diterima oleh perusahaan/lembaga yang buka stand di job fair belum mendapatkan kepastian. Pihaknya masih menunggu laporan dari perusahaan/lembaga tersebut.

Selama dua hari job fair katanya, pengunjung yang membeludak. Bahkan membuat panitia kewalahan melayani pengunjung.  Dalam job fair tersebut, lowongan kerja yang tersedia cukup banyak yang ditawarkan. Ada 74 perusahaan baik perbankan, perhotelan, rumah sakit swasta,  perusahaan otomotif, perusahaan keuangan, perusahaan jasa dan pemasaran, termasuk ritail, telekomunikasi dan pabrikasi.

Membeludaknya pencari kerja ini kata Nasrizal, karena tidak seimbangnya antara kesempatan kerja yang tersedia dengan jumlah pencari kerja. Di sisi lain, ada juga perusahaan yang sulit mendapatkan  pekerja yang sesuai kualifikasi dan persyaratan teknis yang diinginkan. 

Akibatnya, jumlah pengangguran makin meningkat. Salah satu upaya yang  dilakukan pemerintah untuk menanggulangi ketidakseimbangan ini adalah dengan menggelar pameran bursa  kerja. “Dalam bursa kerja kali ini kita meminta perusahaan yang memiliki lowongan menginformasikan secara langsung lowongan yang tersedia pada ajang pameran tersebut, terangnya.

Selain itu, pencari kerja juga diberikan kemudahan untuk dapat mengakses langsung lowongan dan mengikuti proses rekruitmen sesuai dengan ketentuan perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pekerja kerja dengan pengguna tenaga kerja. Ini juga salah satu fungsi dari  pelayanan penempatan tenaga kerja. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,20 Mei 2016 - 16:14:59 WIB

    Pencari Kerja Manfaatkan Bursa Kerja Online

    Pencari Kerja Manfaatkan Bursa Kerja Online Pariaman, Haluan — Sudah mu­lai banyak pencari kerja di Kota Paria­man yang memanfaatkan bursa kerja online yang ada pada Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota tersebut..
  • Senin,02 Maret 2015 - 19:17:54 WIB

    Bursa Cabup Agam Didominasi Politisi

    AGAM, HALUAN—Hampir sebagian besar bakal calon kepala daerah yang meramaikan bursa calon Bupati Agam, didominasi tokoh berlatar belakang politisi. Dari belasan nama yang mencuat, dua diantaranya masih tercatat sebagai P.

  • Rabu,11 Februari 2015 - 19:36:05 WIB

    Bursa Cabup Agam Semakin Membengkak

    AGAM, HALUAN — Bursa bakal calon kepala daerah yang mendaftar melalui parpol Agam semakin membengkak. Bupati Agam, Indra Catri dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Agam, Arman J Piliang sama-sama mendaftar pada Rabu, (11/2). Ind.

  • Jumat,06 Februari 2015 - 19:31:45 WIB

    Bursa Calon Kepala Daerah Agam Mulai Panas

    GUSPARDI GAUS CALON DEMOKRAT

    AGAM, HALUAN — Bursa calon kepala daerah di Kabupaten Agam mulai memanas, sejumlah tokoh sudah mulai mendaftarkan diri secara resmi. Demokrat Agam satu-satunya partai.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM