Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan


Kamis, 15 Februari 2018 - 11:04:02 WIB
Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, pembiayaan untuk merevitalisasi rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Koto Baru, Solok Selatan (Solsel) tidak hanya berasal dari pemerintah pusat, tetapi juga ditanggung oleh pemerintah daerah. Pemerintah akan menurunkan bantuan revitalisasi asalkan rumah gadang dikelola oleh yayasan, bukan oleh pribadi.

Mengenai pengelolaan rumah gadang, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Sayuti, mengatakan, rumah gadang boleh dikelola oleh yayasan, tetapi bukan yayasan nagari, melainkan yayasan suku. Menurutnya, rumah gadang tidak bisa dikelola oleh yayasan nagari karena rumah gadang miliki suku, bukan miliki nagari.

“Kalau rumah gadang dikelola oleh yayasan suku, nanti bantuan revitalisasi dari pemerintah itu masuk ke yayasan suku,” ujarnya di Padang, Senin (12/2).

Sebagai Ketua LKAAM Sumbar, Sayuti mendukung revitalisasi rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang. Ia menyebutkan, revitalisasi tersebut akan melestarikan rumah gadang sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai objek wisata dan penginapan sehingga mendatangkan keuntungan kepada pengelolanya.

Meski rumah gadang bisa digunakan sebagai tempat penginapan, Sayuti menegaskan, tamu yang menginap di rumah gadang harus mengikuti aturan adat Minang dan aturan Islam, misalnya tidak boleh berbuat mesum.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solsel, Budiman, mengatakan, di kabupaten itu ada dua kompleks rumah gadang, yakni di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, dan di Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu. Rumah gadang yang akan direvitalisasi oleh pemerintah pusat adalah rumah gadang di Koto Baru yang dikenal sebagai Kawasan Saribu Rumah Gadang.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM