Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan


Kamis, 15 Februari 2018 - 11:04:02 WIB
Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan Ilustasi.NET

Di Koto Baru, kata Budiman, terdapat 126 rumah gadang. Dari 126 rumah gadang itu, 40 di antaranya rusak parah, selebihnya rusak ringan dihuni, rusak ringan tidak dihuni, dan cukup banyak rumah gadang yang tidak rusak.

“Sudah 10 rumah gadang yang dijadikan home stay, dan sedang dikembangkan 10 rumah gadang lagi untuk dijadikan home stay. Rumah gadang yang direvitalisasi itu nantinya bisa digunakan sesuai dengan rencana pemanfaatannnya, bisa untuk home stay, galeri, dan museum,” tuturnya.

Mengenai dana revitalisasi dari pemerintah daerah, kata Budiman, Pemkab Solsel sedang membicarakan dana yang akan dianggarkan untuk revitalisasi rumah gadang. Berdasarkan hasil rapat, dana revitalisasi akan dianggarkan pada Dinas Pekerjaan Umum Solsel.

Budiman menjelaskan, dana bantuan revitalisasi dari Pemkab Solsel akan dikeluarkan berdasarkan aturan yang berlaku, yakni melalui tender apabila dananya di atas Rp200 juta atau melalui penunjukan langsung jika dananya di bawah Rp200 juta.

Revitalisasi rumah gadang di Solsel bukan kali ini saja dilakukan. Budiman mengatakan, selama beberapa tahun belakangan sudah ada bantuan restorasi rumah gadang oleh Kementerian Kebudayaan, baik untuk rumah gadang di Abai maupun di Koto Baru. Ia menerangkan, bantuan restorasi rumah gadang dari Kementerian Kebudayaan tersebut diturunkan melalui sistem belanja biasa, yang bisa dihibahkan kepada masyarakat. (h/dib)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM