Minangkabau Express Tengah Diuji di Madiun


Kamis, 15 Februari 2018 - 11:07:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Minangkabau Express Tengah Diuji di Madiun Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minangkabau Express ditetapkan sebagai nama Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM). KA tersebut direncanakan mulai beroperasi pada akhir April atau selambat-lambatnya awal Mei 2018. Saat ini, Minangkabau Express masih menjalani serangkaian uji coba di daerah pembuatannya di Madiun, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran, kepada wartawan mengatakan, setelah pengujian di Madiun tuntas, Minangkabau Express akan dibawa ke Sumbar untuk kemudian diuji pada rute sepanjang 23 kilometer yang menghubungkan stasiun KA Simpang Haru menuju BIM.

"Nama Minangkabau Express menjadi pilihan Gubernur Sumbar. Sebelumnya kami menyampaikan tiga pilihan nama, Pedati Express, Ranah Minang Express, dan Minangkabau Express. Nama terakhir dipilih mengingat sejalan dengan nama bandara. SK penetapan nama itu sudah ada," terang Amran, Rabu (14/2).

Untuk sarana pendukung operasional Minangkabau Express, Amran menjelaskan bahwa Skybrige menuju terminal penumpang BIM telah rampung dikerjakan, begitu pun lift dan ekskalator yang berfungsi mengantarkan penumpang kereta langsung sampai di komplek bandara.

"Program pembangunan jalur ini sudah berjalan sejak 2012 oleh Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian. Ditindaklanjuti Pemprov kemudian dengan melakukan pembebasan lahan di sepanjang jalur. Pembangunan stasiun di BIM sendiri berjalan multiyears selama tahun 2015/2016 dan dilanjutkan pada 2017. Fasilitasnya tergolong lengkap," terangnya lagi.

Sementara untuk anggaran, Amran menyebutkan total hingga pembangunan rampung telah menyerap APBN sebesar Rp300 miliar. Uji coba di jalur tersebut nanti dilakukan guna memastikan keamanan dan kelayakan jalur tersebut.

Dalam waktu dekat, Amran mengaku pihaknya akan menentukan penetapan tarif yang akan dikenakan kepada para penumpang KA Minangkabau Express ini. "Total ada lima gerbong yang akan datang dengan total kapasitas 200 orang. Semoga dengan KA ini transportasi udara dan moda kereta api betul-betul terintegrasi," tukas Amran. (h/isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM