Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli


Jumat, 16 Februari 2018 - 19:26:25 WIB
Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dedi Henidal menegaskan, pungutan tarif parkir yang tidak sesuai dengan aturannya adalah pungutan liar (pungli). Sesuai aturannya, tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp2.000 dan mobil sebesar Rp3.000.

“Jika ada yang memungut parkir lebih dari aturannya maka itu pungli namanya. Silakan bagi korban melaporkan dan difoto untuk barang bukti. Maka akan kita proses,” ujar Henidal, kemarin.

Ia menyebutkan, ciri-ciri pungli mudah saja dikenali selain tarif yang seenaknya. Pungli juga tidak menggunakan seragam parkir dan tidak menggunakan id card.

“Tegur saja petugas parkir yang tidak memiliki identitas lengkap. Jika tidak ditegur dan diam saja maka pungli akan semakin merajalela. Dalam hal ini kota juga minta kerjasama dari masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, pantauan Haluan, Jumat (16/2) di Pantai Padang tarif parkir tidak beraturan. Ada yang membandrol tarif sepeda motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Tidak hanya itu, petugas parkir hanya berpakaian biasa dan tidak memiliki identitas sebagai petugas parkir.

Salah seorang pengunjung Pantai Padang Wulan (20) bersama saudaranya Ari (31) yang menggunakan mobil mengeluhkan tarif parkir yang tidak tetap. Sewaktu-waktu ia dimintai parkir Rp5.000 dan pernah juga dimintai parkir Rp4.000.

“Heran saja dengan petugas parkir yang meminta sesuka hati. Saat dikomplen malah petugas parkir tersebut lebih keras membantah seakan mengajak ribut. Karna kami tak ingin ribut maka dibayar saja. Kami berharap adanya pengawasan dari pemerintah terkait hal ini,” ungkap Wulan.

Wulan juga menegaskan, jika memang parkir di tempat biasa berbeda dengan parkir tempat wisata seharusnya ada pemberitahuan seperti karcis. Selain itu, petugas hendaknya lebih sopan dan berpakaian layak supaya wisatawan tidak sakit hati.

“Walikota harus tau hal ini. Meskipun permasalahannya kecil namun jika dibiarkan akan berdampak besar,” pungkasnya. (h/win)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM