Jalan Ulakan – Tapakis Dipenuhi Lubang


Selasa, 20 Februari 2018 - 01:47:32 WIB
Jalan Ulakan – Tapakis Dipenuhi Lubang TERLIHAT pengendara menghindari lubang besar saat melintasi jalan Syeikh Burhanuddin Ulakan -Tapakis, Padang Pariaman, Senin (19/2). KHAIRUL

PADANG PARIAMAN, HALUAN - Pengandara yang melintasi jalan Syeikh Burhanuddin Ulakan mengeluhkan kondisi jalan rusak parah dan dipenuhi lubang. Kondisi ini membuat masyarakat Mangopoh risau dan berencana menanami lubang tersebut dengan batang pisang.

 

Baca Juga : Sudah Pulang ke Rumah, Korban Serangan Beruang di Sijunjung Berangsur Membaik

Pantauan Haluan, Senin (19/2), terlihat sejumlah lubang menganga yang digenangi air siap menelan korban. Kondisi ini sangat membahayakan pengendara yang melintasi jalan ini. Edi (48), salah seorang warga Mangopoh mengatakan, keadaan jalan seperti ini sudah lama terjadi. Ia menyebut bahwa masyarakat sangat khawatir dengan kondisi jalan seperti ini. Pasalnya saat hari hujan, jalan yang berlubang ditutupi oleh genangan air sehingga sering membuat pengendara terkecoh, dan tak jarang menyebabkan kecelakaan.

 

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

“Sejak dua minggu belakangan ini tak sedikit pengendara menjadi korban akibat kerusakan jalan ini,” sebutnya.

 

Ia melanjutkan, kondisi jalan seperti ini sudah terjadi cukup lama, namun hingga saat ini tidak ada tanggapan pemerintah untuk melakukan perbaikan. Perbaikan hanya dilakukan oleh masyarakat dengan menambal jalan menggunakan aspal beton, namun karena hanya mengandalkan suadaya masyarakat hasilnyapun tidak maksimal.

 

"Kami para pemuda sudah mencoba semampunya untuk menambal dan menutupi lubang tersebut, namun hasil tidak maksimal," ujarnya lagi.

 

Hal senada juga diutarakan Majo Garang (44), salah seorang tokoh pemuda Mangopok. Ia menyebut, bahwa kondisi jalan seperti ini sudah dikeluhkan kepada dinas terkait oleh masyarakat. Namun sampai saat ini belum ada tanggapan. "Kami selaku masyarakat setempat sudah sampaikan kepada Pemerintah Padang Pariaman," ujarnya lagi.

 

Majo Garang juga meminta kepada para pengendara agar waspada atau ekstra hati-hati saat melintasi jalan Raya Syeikh Burhanuddin Ulakan-Tapakis atau tepatnya di Nagari Mangopoh. Pasalnya disepanjang jalan tersebut terdapat lubang yang cukup dalam.

 

“Memang sekitar tiga bulan lalu dilakukan penambalan jalan yang berlubang, namun sebenarnya tidak cukup seharusnya dilakukan pengaspalan ulang, buktinya kembali jalan ini berlubang, bahkan lebih besar dan dalam lagi," ungkapnya.

 

Ia menyebutkan, jalan berlubang itu kerap memakan korban apalagi ketika ditutupi air hujan sehingga pengendara yang melintasinya sering terkecoh dan terserempet kedalam masuk kedalam lubang. "Semenjak musim hujan ini setidaknya sudah ada 7 kejadian pengendara yang jatuh akibat lubang ini," tambahnya lagi.

 

Menurutnya, instansi terkait dalam hal ini sudah seharusnya memperhatikan keluhan warga pengguna jalan ini. "Harus ada dulu korban jiwa baru diperbaiki, kalau tidak kami akan tanam batang pisang di lubang tersebut,” tegasnya.

 

Sebagaimana diketahui, jalan ini merupakan jalan alternatif dari Kota Pariaman menuju Ulakan-Tapakis atau menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (h/mg-rul)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]