Tokoh Muhammadiyah Padang Panjang Tumpangkan Harapan ke Fadly - Asrul


Ahad, 25 Februari 2018 - 05:02:01 WIB
Tokoh Muhammadiyah Padang Panjang Tumpangkan Harapan ke Fadly - Asrul Fadly Amran bercengkrama dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah Padang Panjang.

PADANG, HALUAN - Calon kepala daerah Padang Panjang, Fadly Amran - Asrul bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Padang Panjang, Batipuah dan X Koto, Sabtu (23/2). Dalam pertemuan, sejumlah tokoh Muhammadiyah Padang Panjang yang hadir menyampaikan harapan-harapan akan kejayaan Padang Panjang pada Fadly - Asrul.

Bagi Fadly Amran, Muhammadiyah bukanlah organisasi yang asing. Sejak kecil, lulusan Seattle University, Amerika Serikat itu sudah didekatkan ayahnya, Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman dengan Muhammadiyah. Haji Amran, pendiri Yayasan Baiturahmah adalah orang Muhammdiyah dan ingin pula anaknya turut serta membesarkan Muhammadiyah.

"Sejak kecil, Muhammadiyah sudah sangat melekat di hati saya. Ayah yang mendidik dan menanamkan nilai-nilai Muhammadiyah, tidak hanya pada anak-anak dan keluarganyanya, tapi juga di lingkungan Yayasan Baiturahmah . Saya bangga karena merasa menjadi bagian dari organisasi islam yang besar ini," papar Fadly ketika berbincang dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah Padang Panjang.

Mendengar komitmen Fadly pada Muhammadiyah serta cita-cita murni untuk membawa Padang Panjang pada kejayaan, M Nur, tokoh Muhammadiyah Padang Panjang berkomitmen membantu Fadly -Asrul. "Fadly - Asrul yang terbaik. Saya berharap forum memilih pemimpin yang baik serta membawa Padang Panjang ke arah kebaikan. Selagi saya ada umur, Fadly - Asrul akan saya bantu," papar M Nur yang merupakan pensiunan TNI.

Dalam pertemuan, Wakil Sekretaris Muhammadiyah Padang Panjang, Endriko juga menanyakan komitmen Fadly - Asrul dalam memajukan Muhammadiyah. Pertanyaan itu dijawab lugas oleh Fadly. "Saya berutang banyak pada Muhammadiyah. Utang yang harus saya bayar lunas dengan pengabdian dan turut serta membesarkan Muhammadiyah," papar Fadly yang didampingi Asrul.

Dalam Musprov KNPI Sumbar yang lalu, terpilihnya Fadly Amran sebagai ketua tak lepas dari dukungan Muhammadiyah kepadanya. "Tanpa dukungan kader muda Muhammadiyah, mungkin saya tidak akan terpilih. Sebab itu, sebagai kader Muhammadiyah, tidak mungkin saya melupakan Muhammadiyah," papar Fadly yang juga memberikan buku perjalanan hidup ayahnya kepada Drs Abizar Lubis, Ketua Muhammadiyah Padang Panjang.

Fadly fokus membenahi berbagai sektor di Padang Panjang, terutama pendidikan. Dari dulu Padang Panjang dikenal sebagai pusat pendidikan. Sekolah-sekolah modern didirikan untuk mendidik warganya ‘menjadi orang’. Beberapa tokoh pergerakan dan pendidikan lahir dari kota kecil berhawa sejuk ini. Sebut saja, Syekh Muhammad Jamil Jaho, yang dikenal sebagai tokoh pembaharuan pendidikan surau. Kemudian, Zainuddin Labay El Yunusy, ulama reformis kelahiran Bukit Surungan, pendiri sekolah atau perguruan Islam modern Sumatera Thawalib bersama Haji Abdul Karim Amrullah. Selanjutnya, Adik perempuan Zainuddin Labay, Rahmah El Yunusiyah mendirikan Diniyah Putri. Hingga zaman kemerdekaan, para tokoh di berbagai bidang terus bermunculan dari kota persinggahan ini.

Para tokoh-tokoh tersebut, tidak hanya mengajarkan agama dan ilmu pengetahuan umum, namun juga mengajari bagaimana membangun kota sesuai ajaran Islam kepada murid-muridnya. Sehingga, tidak berlebihan bila Padang Panjang disebut “Kota Serambi Mekah

Mengajarkan membangun kota kepada anak-anak sekolah secara tidak langsung memberitahu mereka sebagai legacy atau pewaris kota. Dengan demikian mereka akan memiliki impian-impian tersendiri tentang kota yang dibimbing oleh para guru untuk mewujudkannya. “Ketika mereka memimpikan kota yang bersih, maka guru-guru akan membimbing untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan, memperhatikan kebersihan toilet, ruang belajar dan seterusnya. Artinya, para pewaris kota ini harus dibawa serta membangun kota dari sekarang,” ungkap ayah dari Ashraf Faddian Amran ini. (h/rel)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Juni 2019 - 17:18:41 WIB

    Tokoh Masyarakat Batu Balang Dukung Irfendi Arbi

    LIMAPULUH KOTA,, HARIANHALUAN.COM - Irfendi Arbi yang saat ini menjabat sebagai bupati Limapuluh Kota, periode 2016-2021 mendapat dukungan dari sejumlah pihak termasuk tokoh masyarakat untuk maju kembali pada pemilihan bupati.
  • Ahad, 08 Juli 2018 - 18:44:19 WIB

    Bertemu dengan Sejumlah Tokoh, Putra Pasbar ini Siap Maju ke DPR RI

    Bertemu dengan Sejumlah Tokoh, Putra Pasbar ini Siap Maju ke DPR RI PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Menjelang Pemilihan Umum 2019, situasi politik di tanah air kian menghangat, terutama dengan munculnya bakal calon anggota wakil rakyat..
  • Selasa, 07 November 2017 - 14:48:23 WIB

    PSI Sumbar Dukung Tokoh Muda pada Pilkada Padang

    PSI Sumbar Dukung Tokoh Muda pada Pilkada Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Meskipun belum bisa mengusung calon pada pilkada, DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatra Barat (Sumbar) akan mendukung calon pada pilkada di provinsi ini pada 2018, termasuk Pilkada Padang. .
  • Rabu, 08 Maret 2017 - 10:12:12 WIB

    Dua Tokoh Ini Mulai Blak-blakan Soal Pilkada Padang

    Dua Tokoh Ini Mulai Blak-blakan Soal Pilkada Padang PADANG, HALUAN – Pemilihan Walikota Padang baru akan berlangsung 2018 mendatang. Namun sejumlah partai sudah mulai membidik bakal calon (balon) yang akan diusung, khususnya yang berasal dari internal partai..
  • Senin, 03 Agustus 2015 - 20:08:31 WIB

    Tiga Tokoh Muhammadiyah Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

    MAKASSAR, HALUAN—Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengusulkan ke Presiden Joko Widodo agar tiga tokoh Muhammadiyah mendapatkan gelar pahlawan nasional.

    Usulan tersebut disamp.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM