Mayoritas JCH Padang Sago Mengidap Darah Tinggi


Senin, 26 Februari 2018 - 01:59:15 WIB
Mayoritas JCH Padang Sago Mengidap Darah Tinggi PIMPINAN Puskesmas Padang Sago, Elmispendria Gusna didampingi Anita dan Salmiwati menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan kepada KCH di rumah Haji Tk Azwar di Korong Punco Ruyuang, Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (23/2). BUSTANUL ARIFIN

PADANG PARIAMAN, HALUAN - Kebanyakan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2018 dari Kecamatan Padang Sago banyak yang mengalami penyakit darah tinggi. Hal itu terungkap saat pemeriksaan rutin JCH di rumah Haji Tk Azwar di Korong Punco Ruyuang, Kenagarian Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (23/2).

 

Perawat yang memeriksa JCH Anita bersama pemegang program kesehatan haji Puskesmas Padang Sago, Salmiwati menyebutkan, memang banyak JCH yang mengalami penyakit darah tinggi. "Untuk Kecamatan Padang Sago ini, ada 13 orang JCH yang akan berangkat tahun ini, dari semua itu JCH banyak mengalami penyakit darah tinggi," ujar Anita yang didampingi Salmiwati.

 

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan untuk JCH selalu dilaksanakan secara rutin setiap bulan sebelum berangkat. "Setiap JCH terus dilakukan pemeriksaan setiap bulan, bagi yang mengalami penyakit ringan akan diatasi dengan makan obat, tapi bagi yang agak parah akan dilanjutkan ke Puskesmas. Dari hasil pemeriksaan sekarang ini lima puluh persen JCH mengalami darah tinggi dan kelebihan berat badan," katanya.

 

Sementara itu, Pimpinan Puskesmas Padang Sago Elmispendria Gusna juga mengatakan, pemeriksaan kesehatan JCH penting dilakukan. Karena untuk mengetahui kesehatan, kalau seorang JCH mengalami penyakit tentu cepat kita atasi sebelum berangkat. "Semua ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada JCH mengalami penyakit, kalau ada tentu kita atasi sebelum keberangkatannya," katanya.

 

Katanya, pemeriksaan rutin JCH bertujuan untuk memantau apa penyakit yang bisa diatasi. Kalau bisa diobati dulu dengan mengatur pola makan sehat. "Kepada semua JCH agar bisa juga menjaga kesehatan, dengan banyaknya JCH yang mengalami penyakit darah tinggi, maka ikuti saran dari perawat tadi dengan banyak makan sayur dan buah," pinta Elmispendria Gusna.

 

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ini katanya, agar semua JCH benar-benar sehat sampai di tanah suci Makkah Almukaramah dan bisa melaksanakan semua rukun ibadah haji dengan lancar. "Dengan telah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan tentu kita berharap, semua JCH sehat sampai berangkat dan pulangnya nanti," harapnya. (h/bus/hel)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 17:23:47 WIB

    Nasrul Abit Ungkap Peredaran Narkoba di Sumbar Masih Tinggi, Mayoritas Sasar Anak Muda

    Nasrul Abit Ungkap Peredaran Narkoba di Sumbar Masih Tinggi, Mayoritas Sasar Anak Muda PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Angka penyalahgunaan narkoba di Sumbar masih cukup tinggi membuat gerah Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Dia juga mengajak masyarakat ikut perang melawan narkoba. Narkoba merupakan musuh nyata b.
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:13:04 WIB

    Mayoritas Usaha di Payakumbuh Belum Berizin

    PAYAKUMBUH,HALUAN — Perekonomian Kota Payakumbuh semakin berkembang. Hal itu bisa terlihat dengan menjamurnya rumah makan/restoran, kuliner, home industri dan yang lainnya. Namun, dibalik sehatnya ekonomi itu, ternyata masi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]