Kadis Lingkungan Hidup Padang Larang Pewarta Foto Motret TPA Aia Dingin


Selasa, 27 Februari 2018 - 23:13:48 WIB
Kadis Lingkungan Hidup Padang Larang Pewarta Foto Motret TPA Aia Dingin Satu unit ekskavator dan beberapa orang warga mengail sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin, Padang, Senin (27/2). (foto diambil dari luar kawasan TPA) Irham

Karena ingin mengikuti prosedur yang disampaikan petugas, Givo dan Irham berusaha menghubungi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Al Amin melalui telefon selulernya.

“Saya coba menelfon pak kadisnya, tapi jawabannya malah aneh. Dengan nada tinggi Ia melarang kami, karena takut nanti kalau keluar (publish) di media akan menggagalkan adipura,”ucap Irham.

Baca Juga : Aduh, Jelang Lebaran Karyawan Ini Malah Jadi Korban PHK Sepihak

Hal lain diungkapkan Givo, sebelumnya ia juga pernah memotret sampah di TPA tersebut. Namun, tidak ada larangan.

“Aneh saja rasanya, padahal sebelumnya saya juga memotret di situ tidak ada larangan. Seperti ada yang ditutup-tutupi,” paparnya.

Baca Juga : Menjelang Lebaran, Pria Ini Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Kadis DLH Padang, Al Amin mengatakan, pelarangan tersebut karena pihaknya tidak ingin foto TPA yang keluar di media dapat membatalkan Piala Adipura.

“Sekarang sedang adipura,  jangan sampai foto itu keluar(di media) tidak jadi pula (gagal) adipura, jangan foto TPA itu. Orang sekarang sedang membenahi TPA itu, jadi sekarang belum bagus, tapi nanti kalau udah bagus silakan difoto,” terang Al Amin.

Sementara mantan Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang, Iggoy El Fitra mengatakan, tindakan DLH tersebut tidak benar, karena dapat dikatakan menghalangi tugas jurnalis.

“Masa iya tugas jurnalis dihalang-halangi. Tidak benar itu,” ungkapnya. (h/hln)

Baca juga: Larang-wartawan-memotret-tpa-aia-dingin-kadis-dlh-padang-minta-maaf

Aji-padang-sesalkan-pelarangan-peliputan-di-tpa-aia-dingin

PFI-padang-kecam-larangan-motret-di-tpa-aia-dingin

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]