TPA Sawahlunto Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata


Rabu, 28 Februari 2018 - 20:36:17 WIB
TPA Sawahlunto Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata TPA Kayu Gadang Sawahlunto yang bersih serta jauh dari kesan bau dan jorok, saat ini diupayakan menjadi salah satu tempat wisata. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM-Ada yang menarik dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang dimiliki oleh Kota Sawahlunto. TPA sampah yang berlokasi di Dusun Kayu Gadang Desa Santur Kecamatan Barangin itu tidak sekedar sebagai tempat akhir pembuangan sampah tapi juga diproyeksikan sebagai tempat wisata.

Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH) Kota Sawahlunto yang ingin merubah stigma masyarakat terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  sampah,  yang selama ini cendrung dinilai tempat yang tidak layak untuk dikunjungi karena bau dan kotor. 

"Kami sengaja menggiatkan gotong royong di areal Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kayu Gadang dan menanam bibit tanaman produktif, sehingga bisa merubah image TPA yang terkesan bau dan tidak sehat,  menjadi areal yang nyaman dan dijadikan areal wisata edukasi," kata Kadis PKP2LH, Adrius Putra,  kepada Haluan, Rabu (28/2).

Jika selama ini pembuangan akhir sampah  jauh dari kesan bersih dan cendrung berbau,  hal tersebut tidak di temui di TPAS Kayu Gadang. Hal itu disebabkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang dimiliki sesuai dengan standarnya,  sehingga lokasi tidak berbau.

Pihaknya sebut Adrius, bertekad akan mengembangkan lokasi pembuangan akhir sampah ini menjadi kawasan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi sarana menimba ilmu bagi para pelajar serta mahasiswa, dengan mulai menanam tanaman produktif seperti buah buahan,  sehingga bisa menambah rindang kawasan tersebut dan juga bisa dimanfaatkan saat panen bagi pengunjung yang datang nantinya.

"Saat ini lebih dari 1000 batang tanaman produktif yang kita tanam," katanya.

Dijelaskan Adrius lebih jauh, Kawasan TPA Kayu Gadang  merupakan area pengolahan sampah berbasis IPAL, dibangun bersumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2015 senilai Rp.10.805.438.000, melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Cipta Karya, Satuan Kerja Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Propinsi Sumatera Barat, mampu menampung dan mengolah sampah warga Sawahlunto hinggga 25 tahun mendatang.

Lokasinya yang cukup luas  mencapai dua hektare, dapat menampung seluruh sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun pasar-pasar yang ada, dan diperkirakan mampu melayani permasalahan sampah hingga 25 tahun kedepan.

Selain itu juga dilengkapi dengan sel sampah berupa instalasi Geo Membran, TPA juga dilengkapi dengan kolam IPAL dan jalan lingkungan sepanjang kurang lebih 400 meter menggunakan hotmix, untuk menyambung lokasi TPA dengan ruas jalan Kayu Gadang.

"Sebagai salah satu titik penilaian Adipura, TPA Kayu Gadang memiliki nilai yang baik. Kita merasa sangat senang dengan adanya masyarakat berkunjung termasuk wartawan yang mengabadikan dan mendokumentasikan semua kegiatan yang ada disitu. Kalau dapat setiap hari ada foto TPA yang dishare diberbagai media," ujarnya

Untuk sampah sendiri Adrius menerangkan,  warga Sawahlunto bisa menghasilkan sampah lebih kurang 36 ton sampah perbulannya,  dan untuk mengangkut sampah yang ada pihaknya dibantu dengan 6 truk sampah,  19 becak motor dan dibantu dengan pasukan orange yang bekerja setiap waktunya. (h/rki).

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 13:24:30 WIB

    Memantik Ancaman Gasmetana, PLN Diminta Pindahkan Tower Sutet dari TPA Regional Payakumbuh

    Memantik Ancaman  Gasmetana, PLN Diminta Pindahkan Tower Sutet dari TPA Regional Payakumbuh PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN-Keberadaan Tower Sutet (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) di Kota Payakumbuh yang berdekatan dengan area TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Regional dikhawatirkan mengakibatkan kerusakan lingkungan.
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 22:01:40 WIB

    Profesi Satpam Patut Dihargai

    Profesi Satpam Patut Dihargai PAYAKUMBUH,  HARIANHALUAN.COM - Wakil Walikota, Erwin Yunaz menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke-37 di Halaman Polres Payakumbuh, Sawah Padang, Payakumbuh.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:26:35 WIB

    Pembangunan TPA Nurul Salam Dimulai

    Pembangunan TPA Nurul Salam Dimulai Arosuka, Haluan — Warga Jorong Lubuak Pulai, Nagari Sirukam, Kec. Payung Sekaki seakan mendapat anu­gerah tak terhingga dari sang pencipta. Pasalnya, Jorong Lubuak Pulai akan punya Ta­man Pendidikan Alquran (TPA) permanen.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 05:00:16 WIB

    Pemko Serahkan Insentif Guru TPA

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 450 guru TPA, 11 imam Masjid , 11 muadzin dan 75 orang gharim menerima insentif tri wulan yang dierahkan secara simbolis oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf di Masjid Agung Nurul Islam Mudik Air.
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 03:01:49 WIB
    Kapolres Pimpin Upacara

    Peringatan HUT Satpam ke 35 Semarak

    PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Tingkatkan di­si­plin, integritas, soliditas, de­dikasi dan profesionalisme sebagai pengemban fungsi ke­polisian terbatas dan gar­da terdepan dalam pe­nye­lenggaraan pengamanan swakarsa..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM