Akan Berlangsung Meriah, Besok Festival Cap Go Meh Digelar


Kamis, 01 Maret 2018 - 12:01:27 WIB
Akan Berlangsung Meriah, Besok Festival Cap Go Meh Digelar Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Festival Cap Go Meh di Padang tahun ini sepertinya akan meriah alang kepalang. Pada festival yang akan digelar 2 Maret mendatang itu akan ada banyak pertunjukkan. Mulai dari atraksi naga, wushu, barongsai, singapeking, sepasan dan kio.

Peserta atrasi berjumlah ribuan orang dari 20 lebih tim. Mereka bukan hanya berasal dari Padang saja. Namun juga ada dari Pekanbaru, Sibolga dan Semarang.

Baca Juga : Nagita Slavina Hamil, Ini Pesan Mama Rieta

Beberapa diantaranya atraksi dari tim naga vihara buddha warman, tim Naga Himpunan Marga Lim, tim Barongsai Marga Huang, tim Wushu HTT, tim Singa Peking HTT. Seluruhnya dari Padang. Dari luar provinsi ada tim Kio dari Wilahan, Sibolga dan Semarang.

"Nanti juga akan ada pawai dari peserta atraksi ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, Rabu (28/2).

Baca Juga : Gegara Pandemi, Rizky Nazar Tak Bisa Tarawih Bareng Keluarga

Pawai akan bermula dari Jalan Batang Arau, Padang lalu terus ke Jalan Nipah - Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Niaga dan berakhir di Jalan Kelenteng. Pembukaan acara bukan hanya akan dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saja. Namun rencananya juga akan dihadiri Mahfud MD.

Oni Yulfian menjelaskan perayaan Cap Go Meh ini memang diusahakan meriah. Hal ini dikarenakan momen perayaan ini akan menjadi momen pariwisata yang potensial.

Baca Juga : Kecewa, dr Tirta Sebut Konten dr Kevin Samuel juga Mesum

Sumbar, kata dia, sangat kaya akan ragam budaya yang bisa menjadi potensi pariwisata yang sangat besar. Termasuk budaya Tionghoa. Perayaan Cap Go Meh yang digelar keturunan Tionghoa di Padang bisa menjadi momen pariwisata yang potensial.

“Di Sumbar ini ada banyak perbedaaan budaya. Perbedaan itu tak boleh menjadi sumber perpecahan. Sebaliknya, justru perbedaan kebudayaan itu bisa menjadi potensi yang berharga untuk Sumbar. Salah satunya sebagai aset pariwisata,” ujar Oni.

Baca Juga : Dicerca Netizen, Yuni Shara Justru Beri Jawaban Terimakasih

Dia mengatakan Dinas Pariwisata memang harus mendukung acara kebudayaan yang digelar di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan acara-acara kebudayaan bisa menjadi momen-momen penarik wisatawan untuk datang.

“Pemerintah Sumbar sangat mendukung semua kebudayaan ini. Salah satunya kebudayaan Tionghoa yang berkembang di Kampung pondok. Dinas Pariwisata telah mempromosikan tempat ini dengan cara mengundang para blogger dari Singapura untuk berkunjung,” ujarnya.

Dia berharap festival cap go meh bisa digelar setiap tahun. Sehingga bertambah pulalah khasanah pariwisata sektor budaya di Kota Padang. Selain itu, kata dia, kawasan Pondok-Batang Harau menjadi kawasan wisata kota tua (heritage). Komitmen ini salah satunya dilakukan dengan menjaga bentuk arsitektur dan peruntukannya. Selain juga mendorong Kawasan Nipah sebagai kawasan budget hotel.

“Jika ini kita lakukan maka tren global berwisata ala backpakers akan dapat diakomodir di Kota Padang,” ujarnya. (h/len)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]