SMA PB Wajibkan Guru Memakai Teknologi Untuk Mengajar


Kamis, 01 Maret 2018 - 22:17:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
SMA PB Wajibkan Guru Memakai Teknologi Untuk Mengajar Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sekolah Menengah Atas (SMA) Pembangunan (PB) Laboratorium UNP wajibkan semua guru untuk bisa memanfaatkan teknologi untuk mengajar. Untuk mendukung itu, SMA PB sediakan proyektor dan laptop di setiap kelas.

“Kami sudah melatih semua guru yang mengajar disini untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini,” ujar Kepala Sekolah SMA PB, Drs. Yofrizal, M.Pd kepada haluan, kemarin.

Program ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas sekolah. “Selain dari Sumber Daya Manusianya sendiri, teknologi tentunya menjadi salah satu faktor pendukung. Saat ini kami sudah menggunakan teknologi di setiap proses pembelajaran,” katanya.

“Semua guru wajib untuk menggunakan teknologi di setiap proses pembelajaran. Karena kami memang sudah menyediakan di setiap kelasnya proyektor dan laptop yang bisa dipakai guru,” ujarnya.

Saat ini sudah hampir seluruh guru bisa menggunakan laptop dan proyektor di SMA PB. “Kalaupun tidak 100%, saat ini guru disini sudah hampir 90% yang mampu menggunakan laptop,” katanya.

Bagi guru yang memang tidak mempunyai laptop, SMA PB menyediakan peminjaman laptop untuk bisa digunakan guru membuat bahan ajar. “Semua guru bisa meminjam, namun dengan jangka waktu paling lama seminggu. Dan peminjaman ini hanya untuk membuat bahan ajar seperti power point dan sebagainya,” ucapnya.

Memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran ini juga ditunjang dengan ketersediaan internet yang sudah menjangkau setiap kelas. “Siswa dan guru bisa menggunakan internet dengan kecepatan yang cukup untuk  menampung 600 siswa di sekolah. Namun ketika belajar, siswa hanya boleh memakai ponsel dengan seizin guru,” katanya.

“Kalau memang proses pembelajaran tidak memanfaatkan ponsel. Guru akan mengumpulkan ponsel sebelum mulainya pembelajaran dan dikembalikan ketika jam pelajaran habis,” ungkapnya.

Saat ini, guru yang mengajar di SMA PB sebanyak 52 orang yang terdiri dari 21 orang ASN dan 31 orang lagi itu tenagahonorer. “Memang masih banyak tenaga honorer yang mengajar disini. Walaupun tenaga honorer, mereka sudah teruji untuk bidang studi yang akan diajarkannya,”ujarnya. (h/mg-mal)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 19:13:29 WIB

    SMAN 1 Sungai Tarab, Masuk Penilaian Pengelolaan Pustaka Terbaik

    SMAN 1 Sungai Tarab, Masuk Penilaian Pengelolaan Pustaka Terbaik TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -SMAN 1 Sungai Tarab, masuk 15 besar penilaian pengelolaan pustaka terbaik tingkat nasional..
  • Jumat, 29 Juni 2018 - 17:13:33 WIB

    Sempat Dipakai 1 Tahun, SMAN 1 Kota Solok Kembalikan Aset Gedung YPNC

    Sempat Dipakai 1 Tahun, SMAN 1 Kota Solok Kembalikan Aset Gedung YPNC SOLOK, HARIANHALUAN.COM---Menyusul terbitnya edaran dinas pendidikan provinsi Sumbar yang tidak membolehkan adanya lokal jauh pada satu SMA, pihak SMAN 1 Kota Solok terpaksa harus menyerahkan kembali gedung yang dipinjamkan o.
  • Senin, 25 Juni 2018 - 09:35:49 WIB

    Hari Ini, Pendaftaran Online SMA Dibuka

    Hari Ini, Pendaftaran Online SMA Dibuka PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Pendidikan Sumbar mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK pada Senin 25 Juni 2018. Pendaftaran akan dilakukan secara online. Namun, dari 370 jumlah SMA d.
  • Selasa, 22 Mei 2018 - 11:14:37 WIB

    Berani Tampil, Siswa SMA 4 Padang Terima Netbook Presiden

    Berani Tampil, Siswa SMA 4 Padang Terima Netbook Presiden Dikenal sebagai siswa yang aktif berorganisasi dan selalu mendapat peringkat 10 besar di sekolahnya, anak dari pedagang ikan itu mendapatkan sebuah netbook setelah berani menjawab pertanyaan dari Presiden Indonesia Joko Widod.
  • Kamis, 19 April 2018 - 00:48:26 WIB

    SMA Adabiah Padang Peringati Isra Miraj

    SMA Adabiah Padang Peringati Isra Miraj PADANG, HALUAN -- Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Adabiah Padang memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Selasa (17/4) di Masjid Raya Adabiah. Penceramahnya didatangkan dari Negeri Jiran Malaysia, Maryani Basri, pengaj.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM