Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang


Jumat, 02 Maret 2018 - 10:58:14 WIB
Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Hari ini, Jumat (2/4) jangan lupa saksikan kemeriahan festival Cap Go Meh di kawasan Pondok, Padang. Mulai jam 4 sore akan ada atraksi-atraksi hebat. Bahkan ada pertunjukkan atraksi sepasan dari tim yang pernah meraih penghargaan kelas dunia, Guinness World Records. Belum lagi ditambah atraksi-atraksi lain yang disuguhkan 20 tim beranggotakan ribuan orang peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian menuturkan, akan sangat banyak atraksi dipertunjukkan di festifal Cap Go Meh. Mulai dari atraksi naga, wushu, barongsai, singapeking, sepasan dan kio.

Ditambah pula dengan pawai yang meriah. Iring-iringan pawai akan dimulai Jalan Batang Arau, Padang, tepatnya di jembatan Siti Nurbaya. Lalu iringan pawai terus ke Jalan Nipah - Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Niaga dan berakhir di jalan Kelenteng. Rencananya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD juga akan hadir.

Disebutnya, perayaan Cap Go Meh ini memang diusahakan meriah. Hal ini dikarenakan momen perayaan ini akan menjadi momen pariwisata yang potensial.

Sumbar, kata dia, sangat kaya akan ragam budaya yang bisa menjadi potensi pariwisata yang sangat besar. Termasuk budaya Tionghoa. Perayaan Cap Go Meh yang digelar keturunan Tionghoa di Padang bisa menjadi momen pariwisata yang potensial.

“Di Sumbar ini ada banyak perbedaaan budaya. Perbedaan itu tak boleh menjadi sumber perpecahan. Sebaliknya, justru perbedaan kebudayaan itu bisa menjadi potensi yang berharga untuk Sumbar. Salah satunya sebagai aset pariwisata,” ujar Oni.

Oni menambahkan, Dinas Pariwisata memang harus mendukung acara kebudayaan yang digelar di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan acara-acara kebudayaan bisa menjadi momen-momen penarik wisatawan untuk datang.

Dia berharap festival Cap Go Meh bisa digelar setiap tahun. Sehingga bertambah pulalah khasanah pariwisata sektor budaya di Kota Padang. Selain itu, kata dia, kawasan Pondok-Batang Harau menjadi kawasan wisata kota tua (heritage).

Komitmen ini salah satunya dilakukan dengan menjaga bentuk arsitektur dan peruntukannya. Selain juga mendorong Kawasan Nipah sebagai kawasan budget hotel. Alhasil dengan begitu tren global berwisata ala backpakers akan dapat diakomodir di Kota Padang.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Cap Go Meh 2018, Albert Hendra Lukman mengatakan memang benar festival ini digelar tiap tahun. Namun Tahun tahun ini festivalnya lebih meriah, lebih unik. Selain juga lebih banyak pihak yang ikut serta menyukseskannya.

"Festival tahun ini akan jauh lebih meriah," ujar Albert yang juga merupakan anggota DPRD Sumbar.

Dia mengatakan tiap komunitas Tionghoa di Padang akan menyumbangkan atraksi total ada 20 tim dengan ribuan jumlah peserta secara keseluruhan. Beberapa diantaranya atraksi dari tim naga vihara budha warman, tim Naga Himpunan Marga Lim, tim Barongsai Marga Huang, tim Wushu HTT, tim Singa Peking HTT.

Namun bukan hanya dari Padang, akan ada atraksi dari tim yang berasal dari luar provinsi, yakni tim Kio dari Wilahan, Sibolga, Pekanbaru dan Semarang.

"Sebenarnya kami juga mengundang tim dari Singapura dan Malaysia untuk ikut menyumbangkan atraksi. Sayangnya, undangannya dinilai terlalu mendadak. Tapi mereka berjanji akan berpartisipasi tahun depan," ujarnya.

Albert menegaskan sebenarnya tanpa peserta dari Singapura dan Malaysia pun, festival Cap Go Meh tahun ini sudah dipastikan jauh lebih meriah dibanding tahun -tahun lalu. Ini dilihat dari tim atraksi yang ikut serta amat banyak. (h/len)
 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]