Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar


Senin, 05 Maret 2018 - 12:32:28 WIB
Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar Festival Cap Go Meh

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Festival Cap Go Meh yang berlangsung di kawasan Pondok Kota Padang, Jumat lalu telah membawa keuntungan tersendiri untuk Sumbar terutama Kota Padang.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, uang yang masuk dan beredar di Sumbar saat Festival Cap Go Meh diadakan diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar. Dengan estimasi 2.500 wisatawan datang dan menetap selama 3 hari. Mereka rata-rata menghabiskan dana Rp1 juta untuk berbelanja di Sumbar.

"Festival Cap Go Meh tahun ini benar-benar lebih ramai dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kami sangat mengapresiasi kesuksesan acara ini," ujar Wagub saat membuka acara itu Jumat (2/3).

Wagub mengatakan, keramaian seperti hari itu memang diharapkan terjadi di semua iven di Sumbar. Iven-iven sangat dibutuhkan demi menjadi magnet wisatawan untuk datang berkunjung ke daerah ini.

Ia juga menuturkan, Sumbar sangat kaya akan keragaman budaya. Di Kampung Pondok, Padang misalnya, di sana sebenarnya bukan hanya ada etnis Tionghoa saja. Namun juga ada etnis India, Eropa dan Nias. Semuanya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

"Kekayaan ragam budaya ini sama berharganya dengan kekayaan alam. Keduanya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kemajuan daerah," ujarnya.

Wagub menambahkan, Pemprov melalui Dinas Pariwisata Sumbar bertekad menjadikan kawasan kampung pondok sebagai salah satu aset berharga untuk Sumbar. Selain itu, kata dia, kawasan Pondok-Batang Harau menjadi kawasan wisata kota tua (heritage).

Komitmen ini salah satunya dilakukan dengan menjaga bentuk arsitektur dan peruntukannya. Selain juga mendorong Kawasan Nipah sebagai kawasan budget hotel. Alhasil dengan begitu tren global berwisata ala backpakers akan dapat diakomodir di Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun ini memang diusahakan meriah. Hal ini dikarenakan momen perayaan ini ditarget menjadi momen pariwisata yang potensial.

“Di Sumbar ini ada banyak perbedaaan budaya. Perbedaan itu tak boleh menjadi sumber perpecahan. Sebaliknya, justru perbedaan kebudayaan itu bisa menjadi potensi yang berharga untuk Sumbar. Salah satunya sebagai aset pariwisata,” ujar Oni.

Ia melanjutkan, Dinas Pariwisata mendukung setiap acara kebudayaan yang digelar di Sumatera Barat. Hal ini karena acara-acara kebudayaan bisa menjadi momen-momen penarik wisatawan untuk datang. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:49:06 WIB

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Warga Kota Padang dan sekitarnya terlihat antusias dan memadati pembukaan Festival Siti Nurbaya 2019 yang digelar di kawasan Danau Cimpago, Sabtu (23/11). Iven tahunan Pemerintah Kota Padang melalui.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 16:50:53 WIB

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim PADANG, HARIANHALUAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar menggelar Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019, 27 Oktober 2019. Kegiatan tersebut akan digelar di GOR H Agus Salim Padang..
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:25:52 WIB

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Festival Siti Nurbaya 2018 kembali digelar oleh di Kota Padang. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada Jumat 9 November mendatang, dengan tujuan terus memperkenalkan Budaya M.
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 10:58:14 WIB

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM- Hari ini, Jumat (2/4) jangan lupa saksikan kemeriahan festival Cap Go Meh di kawasan Pondok, Padang. Mulai jam 4 sore akan ada atraksi-atraksi hebat. Bahkan ada pertunjukkan atraksi sepasan dari ti.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 11:35:38 WIB

    Festival Marandang di Padang Diikuti 104 Kelurahan

    Festival Marandang di Padang Diikuti 104 Kelurahan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ikut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Pemerintah Kota Padang menggelar festival marandang di GOR Haji Agus Salim (GHAS). Kegiatan ini diikuti 104 kelurahan yang ada di Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM