Damkar Bukittinggi Peringati HUT Damkar ke-99


Senin, 05 Maret 2018 - 23:01:51 WIB
Damkar Bukittinggi Peringati HUT Damkar  ke-99 HUT DAMKAR – Wako Bukittinggi Ramlan Nurmatias menjadi pembina upacara pada peringatan 99 tahun usia Pemadam Kebakaran, Senin (5/3).

BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk memperingati HUT Pemadam Kebakaran (Damkar)  ke-99. Dinas Kebakaran Bukittinggi laksanakan upacara bendera di Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin, Senin (5/3).

 

Baca Juga : Pemkab Agam Lelang Puluhan Paket Pekerjaan Senilai Rp73 Miliar

Bertindak sebagai pembina upacara Wako Bukittinggi, Ramlan Nurmatias serta turut hadir Wakil Walikota, unsur Fokopimda, seluruh Kepala SKPD, unsur TNI-Polri, Pelajar dan sejumlah personil Damkar perwakilan beberapa Kabupaten dan Kota se Sumbar.

 

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengapresiasi pengabdian dan loyalitas dari para petugas pemadam kebakaran yang telah bekerja keras menyelamatkan nyawa, harta dan meminimalisir kerugian saat terjadi musibah kebakaran. “Tugas pemadam cukup berat. Petugas pemadam kebakaran harus siap tenaga, fisik, mental dan meninggalkan keluarga demi tugas mulia. Kami sangat apresiasi dengan kinerja yang dilakukan selama ini, karena banyak kejadian yang terjadi sepanjang 2017,” kata Ramlan.

 

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Namun kesiap siagaan pemadam bersama tim, BPBD, PMI, Tagana, dibantu Damkar se Sumatera Barat, kejadian kebakaran di Bukittinggi dapat diselesaikan dengan baik. Karena itu Ramlan mengucapkan terima kasih dan selamat ulang tahun damkar ke 99 tahun.

 

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Ia menjelaskan, Pemko Bukittinggi dan DPRD akan terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana pemadam kebakaran. Hal ini dilakukan agar upaya penyelamatan dapat lebih ditingkatkan, seperti akan menyediakan mobil unit pemadam yang dapat menjangkau dan memadamkan api pada bangunan bertingkat.

 

Karena masih banyak sarana yang harus dilengkapi agar apapun dan dimanapun terjadi musibah kebakaran, dapat segera dipadamkan dengan alat yang mumpuni.

 

Sementara Kadis Kebakaran Kota Bukittinggi Martiyas Bayu mengatakan, Pemadam Kebakaran lahir tanggal 1 Maret 1919 dan hingga kini, Damkar sudah berusia 99 tahun, usia yang tidak muda lagi. Menjadikan Dinas Kebakaran akan terus introspeksi diri, evaluasi kinerja selama ini untuk ditingkatkan di masa yang akan datang. Bagaimana seluruh personil dapat bekerja maksimal untuk membantu masyarakat mengurangi resiko musibah kebakaran di mana pun.

 

Dalam upacara itu, juga diserahkan tanda kehormatan kepada warga Tabek Gadang yang telah berpartisipasi, saat musibah kebakaran menyelimuti Pasar Aur. Karena saat kejadian, air di Tabek Gadang menjadi sumber air bagi petugas untuk memadamkan api, hingga stok air yang ada saat itu habis. Sekaligus ditampilkan Aksi Pemadam Kebakaran Cilik dan simulasi pemadaman api. (h/ril/dn).

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]