Digitalisasi di Indonesia, Perlu Sinergi Antar Stakeholders Penyiaran


Rabu, 07 Maret 2018 - 17:43:47 WIB
Digitalisasi di Indonesia, Perlu Sinergi Antar Stakeholders Penyiaran Foto bersama dalam acara Rakernis Humas Polri di Hotel Grand Boutique Melawai, Jakarta, Rabu (07/03).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Pesatnya perkembangan digital di Indonesia dibutuhkan sinergi stakeholders membentuk regulasi, terutama untuk pengawasan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis, saat Rakernis Humas Polri di Hotel Grand Boutique Melawai, Jakarta, Rabu (07/03).

Baca Juga : Di Dalam Penjara, Habib Rizieq Islamkan 2 Tahanan Ayah dan Anak

Disampaikannya, saat ini digitalisasi telah terjadi. Namun, ke depan skalanya akan lebih massif, dan Indonesia dinilai terlambat dalam merespon digitalisasi. Bahkan tertinggal dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Saat ini yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana kesiapan Indonesia untuk menyiapkan penyusunan regulasi, sinergi antar stakeholders penyiaran, serta posisi publik dalam menerima konten digital. Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi lembaga yang mempunyai tupoksi di ranah penyiaran dan informasi,” terangnya dalam press release yang diterima harianhaluan.com.

Baca Juga : Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali

“Masyarakat Indonesia telah merasakan konvergensi media dengan kekuatan internet. Beragam informasi dengan mudah diakses publik melalui gadget yang dibawa kemana-mana, tapi belum ada yang mengawasi secara penuh konten yang ada di internet,” tambah Yuliandre.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo yang ikut hadir dalam acara itu mengatakan, dalam mendukung informasi yang sehat pihaknya mengharapkan polisi dapat menindak tegas media penyebar hoaks.

Baca Juga : Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS

“Bahwa banyak media abal-abal yang ada di daerah, media tersebut tidak terdaftar di Dewan Pers dan juga tidak memiliki kompetensi dalam menjalankan fungsi pers. Polisi bisa melakukan tindakan terhadap media yang diangap meresahkan dengan menyebar berita Hoaks,” paparnya.

Sementara Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti menambahkan, bahwa pertumbuhan media terutama media sosial di Indonesia sangat massif. Ditegaskannya, bahwa berita hoaks yang disebarkan di media sosial menjadi musuh bersama, dan Kominfo serta instansi terkait terus melakukan kampanye positif untuk melawan hoaks.(h/rel)

Baca Juga : Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 09:15:18 WIB

    Di Dalam Penjara, Habib Rizieq Islamkan 2 Tahanan Ayah dan Anak

    Di Dalam Penjara, Habib Rizieq Islamkan 2 Tahanan Ayah dan Anak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab saat ini tengah ditahan di Rutan Mabes Polri. Di dalam penjara tersebut, Habib Rizieq mengislamkan dua tahanan. Salah satu tim kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Azis Yanuar membenarkan kabar .
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 07:24:37 WIB

    Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali

    Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali Sampai saat ini, gunung Merapi masih terus melakukan aktivitas vulkanik yang tergolong tinggi. Bahkan, sejak Jumat 5 Maret 2021 dini hari, teramati terjadi luncuran lava pijar sebanyak 50 kali..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 07:03:10 WIB

    Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS

    Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS Apa yang paling ditunggu oleh pegawai setiap tahun? Tentu saja salah satunya adalah pencairan tunjangan hari raya (THR). Tak terkecuali bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS)..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 02:46:00 WIB

    Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak

    Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang menyelidiki dugaan kasus suap yang melibatkan pejabat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.
  • Kamis, 04 Maret 2021 - 23:53:50 WIB

    Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu

    Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]