Bahrel Riyanto Wakili Sawahlunto ke Tingkat Sumbar


Kamis, 08 Maret 2018 - 09:16:11 WIB
Bahrel Riyanto Wakili Sawahlunto ke Tingkat Sumbar Bahrel Riyanto

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Setelah berhasil menyabet penghargaan petani teladan bidang tanaman tahun 2017 tingkat Kota, Bahrel Riyanto akan menjadi perwakilan Sawahlunto sebagai petani berprestasi 2018 tingkat Provinsi Sumatera Barat April mendatang.

Bahrel mengatakan, dirinya bersama kelompok tani Sia Cuma Lagi mampu memaksimalkan lahan yang ada untuk ditanami padi dengan sistim jajar legowo (jarwo) yaitu sistem padi ditanam dalam beberapa baris dan diselingi satu baris kosong.

"Sistem Jarwo memberikan banyak keuntungan, seperti, proses pengerjaan lebih mudah, produksi meningkat dan dapat menekan hama penyakit dengan memperhitungkan letak matahari. Perbandingannya dengan memakai sistem jarwo kita berhasil menghasilkan 5,6 ton perhektare dengan sebelumnya 5,1ton perhektare," jelas pria yang juga bekerja disalah satu PT Batubara di Sawahlunto itu.

Ditambahkan ketua Keltan Sia Cuma Lagi itu, dirinya juga terus berusaha dalam memaksimalkan perkembangan tekhnologi yang ada dan tak hanya terfokus pada cara dan peralatan lama.

"Dalam memaksimalkan hasil pertanian, kita juga harus tahu perkembangan tekhnologi, agar dapat dibandingkan dengan tekhnologi dan cara lama. Jika hal baru itu lebih mudah maka itu yang kita ambil," ujarnya.

Bahrel menilai, saat ini kebanyakan petani kurang memaksimalkan lahan yang ada dan hanya fokus pada satu jenis tanaman saja. Seharusnya, sebut Bahrel, para petani dapat memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman lain dan tak membiarkan lahan kosong.

Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Adeks Rossi didampingi Penyuluh Pertanian Desa Kolok Nan Tuo Yernis Mayeni menyatakan bangga akan keberhasilan yang telah dicapai Bahrel, hingga bisa menjadi motivasi bagi petani lain.

"Apa yang diperbuat maka itu pula yang dituai. Bahrel telah mampu berbuat dan membuahkan hasil prestasi. Kami juga bangga pada 16 kelompok tani yang ada, selain keinginan kuat dari mereka sendiri, kami juga terus melakukan pendampingan teknis, pertemuan rutin kelompok tani tiap bulannya dan rajin memantau masa tanam hingga panen," ungkapnya. (h/mg-rki)

 

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM