Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar


Jumat, 09 Maret 2018 - 10:45:05 WIB
Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, Sekda Pasaman Barat, Manus Handri, Kepala Perbankan wilayah Pasaman Barat IST

PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang dan penegakan hukum tindak pidana pemalsuan uang kepada masyarakat, Pemkab Pasaman Barat dan Perbankan di Balerong Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (8/3). Di Januari 2018, jumlah uang palsu yang ditemukan BI Wilayah Sumatera Barat sebanyak 53 lembar.

Sosialisasi tersebut di hadiri oleh Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, Sekda Pasaman Barat, Manus Handri, Kepala Perbankan wilayah Pasaman Barat, OPD dan Masyarakat setempat.

“53 lembar itu terdiri dari pecahan Rp100.000, pecahan Rp50.000 dan pecahan Rp20.000," tutur Kepala Kantor BI Wilayah Sumatera Barat, Eddy Dwi Tjahjono didampingi Kasubid II Diskrimsus Polda Sumbar, AKBP Jefri Indra Jaya.

Pantauan BI, praktik pengedaran uang palsu dilakukan di kawasan-kawasan padat penduduk dan daerah pinggiran dengan menyisir masyarakat yang dianggap masih awam.

"Dalam beberapa kasus terakhir, pelaku pengedaran uang palsu sudah ditangkap dan diberikan hukuman oleh pihak kepolisian. Mereka beroperasi di lokasi padat atau di daerah pinggiran yang masyarakatnya belum terlalu bisa membedakan mana uang palsu, mana yang asli," katanya

Lanjut Eddy, BI akan terus gencar memberikan sosialisasi soal pengedaran uang palsu agar tidak ada warga di Sumatera Barat yang menjadi korban penipuan. Pada kesempatan tersebut peserta sosialisasi juga diberikan pemahaman untuk mengetahui keaslian dari uang. Yakni dengan mengetahui tiga cara yakni dilihat, diraba dan diterawang.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]