Reserse Tunggak 200 Ribu Kasus


Jumat, 09 Maret 2018 - 10:48:24 WIB
Reserse Tunggak 200 Ribu Kasus Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, cukup banyak penanganan perkara yang belum diselesaikan reserse Polri se-Indonesia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ratusan ribu kasus tersebut belum ditangani tuntas oleh polisi.

Menurut Ari, masyarakat begitu mudah melaporkan sesuatu ke polisi. Bahkan masalah keluarga yang lingkupnya kecil pun meminta bantuan polisi untuk menyelesaikannya. Karena tak bisa menolak laporan masyarakat, akhirnya laporan itu diterima terlebih dahulu. Apakah akan dilanjutkan ke tahap penyelidikan urusan belakangan. Hal tersebut, kata Ari, malah menghambat penanganan perkara yang betul-betul ada unsur pidananya.

Baca Juga : Miliuner Jepang Ini Cari 8 Orang Teman Traveling ke Bulan, Siapa Berminat?

"Orang kadang bilang kasus kecil kenapa ditangani Mabes Polri. Kecil menurut siapa, mungkin ada persoalan di balik itu yang besar. Sekarang Ada 200 ribu kasus yang tertunggak," kata Ari.

Masalah sumber daya manusia juga menjadi salah satu kendala. Namun, hal itu bukan persoalan yang besar. Ari mengatakan, yang perlu dipikirkan yakni bagaimana masyarakat tidak melakukan pelanggaran hukum. Di negara maju, polisinya sedikit karena masyarakatnya jarang berbuat melanggar hukum. Ari mengatakan, perkara keamanan bukan hanya tanggung jawab polisi. Tapi juga seluruh warga di dalamnya. Di Belanda, kata dia, sedikit jumlah penyalahguna narkotika. Sebab, menurut dia, kesadaran hukum di negara maju dibentuk lingkungan keluarga. Salah satu hal sederhana yakni dengan tidak menyontek.

Baca Juga : Awas! Ribuan Vaksin Palsu Corona Jaringan China Afsel Beredar

"Ketika anak kecil sudah belajar nyontek, umur 30 sudah korupsi," kata dia.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]