Batik Tulis Loempo Pessel Diminati Wisatawan


Jumat, 09 Maret 2018 - 17:38:46 WIB
Batik Tulis Loempo Pessel Diminati Wisatawan Para kaum ibu yang tergabung kelompok batik tulis tradisional Loempo tengah beraktifitas memenuhi permintaan konsumen ( M Joni)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Usaha kerajinan batik tulis tradisional Loempo di Kenagarian Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berkembang.

 Usaha yang dikelola oleh anggota kelompok yang beranggotakan sebanyak 50 orang itu mulai diminati oleh wisatawan lokal dan berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga : Tips Beli Rumah dengan KPR DP 0%? Kenali dulu Risiko Kebangkrutan Anda

Ketua kelompok batik tulis Loempo, Novia Hertini mengakui, batik tulis  hasil karya anggota kelompok binaanya ini cukup dapat dibanggakan. Bahkan wisatawan dari berbagai kalangan dan organisasi sudah memafaatkan batik tulis Loempo  sebagai pakaian seragam.

Menurutnya, keberadaan usaha kerajinan batik ini sangat memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat. Setidaknya akan terbuka lapangan kerja bagi kaum perempuan dalam meringankan beban suami untuk kebutuhan keluarga.

Baca Juga : Gunakan Tiang Listrik Bright PLN Belasan Tahun, Jaringan TV Kabel Diputus

"Membatik sangat dibutuhkan kesabaran dalam berkarya, memiliki inovasi untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Dengan hasil batik  yang baik  tentu akan tinggi animo konsumen untuk mendapatkannya, Setidaknya pengetahuan keterampilan ini akan dapat  berguna sebagai pekerjaan yang menghasilkan serta bernilai ekonomi,"ulasnya.

Wali Nagari Ampuan, Mas Marven, merespon positif usaha yang dilakukan oleh kalangan kaum ibu yang tergabung dalam wadah kelopok batuk tulis warna. Pihaknya berharap usaha ini akan semakin membudaya ditengah masyarakat, kemudian akan tumbuh usaha membatik  di Kenagarian Ampuan yang memadai, terutama kualitasnya semakin diminati oleh konsumen.(h/mjn)

Baca Juga : Dari Cabai hingga Bawang, 4 Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Ini Turun Harga

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]