Suka Bercocok Tanam, Polisi di Sawahlunto Ini Bagikan Bibit Jengkol dan Sirsak


Jumat, 09 Maret 2018 - 18:06:32 WIB
Suka Bercocok Tanam, Polisi di Sawahlunto Ini Bagikan Bibit Jengkol dan Sirsak Bhabinkamtibmas Bripka Rori Daharmen saat menyerahkan bibit Jengkol dan Sirsak kepada Warga Kubang Tangah, Jumat (9/3). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM--Banyak cata untuk mengabdi pada negara dan mengayomi masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres Sawahlunto Bripka Rori Daharmen.

Polisi yang sehari hari bertugas di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lebah Segar itu membagikan bibit tanaman jengkol dan sirsak gratis bagi masyarakat di wilayah binaannya.

Tidak kurang sekitar 250 bibit jengkol dan 70 bibit sirsak hasil budidayanya sendiri dibagikan.

Polisi yang sering disapa Rori ini menjelaskan, bibit yang sengaja dibudidayakan itu semula akan dipergunakan atau ditanam sendiri. Tapi karena lahan yang akan ditanami belum didapat, maka dirinya berinisiatif untuk memberi kepada warga Desa Kubang Tangah.

"Kebetulan di belakang rumah ada pohon jengkol yang buahnya banyak dan bagus. Biasanya hasil panen dijual dan beberapa kelebihan panen itu sengaja dibudidayakan dengan harapan akan ditanam sendiri. Akan tetapi ladang yang akan ditanam belum didapat. Saya berniat alangkah baiknya bibit yang sudah tumbuh itu dibagikan saja kepada warga sehingga bisa langsung ditanam dan membuahkan hasil," tuturnya kepada harianhaluan.com.

Kebetulan sebut Rori, dirinya suka dan hobi bercocok tanam, paling tidak memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif yang bisa menambah pemenuhan kebutuhan masak sehari hari. Dari kebiasaan itu lanjutnya, dia ingin menularkan kepada masyarakat yang ada dimana dirinya ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas yakni Desa Kubang Tangah.

Suami dari Harly itu ingin menjadikan dirinya tidak sebagai pelindung warga sebagaimana tugas anggota polisi. Tapi juga bisa menjadi penggerak warga untuk lebih produktif dan kreatif dalam memanfaatkan lahan sehingga bernilai ekonomis.

"Kepuasan batin yang tak terhingga rasanya bisa menjadi sosok yang berguna bagi orang lain. Terlebih jika bibit yang dibagikan itu sudah membuahkan hasil dan masyarakat mengambil manfaat dari apa yang telah diberikan," ungkapnya.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Juni 2017 - 21:54:04 WIB

    Ingin Beri Saran, Masukan dan Kritikan ke Walikota Padang Panjang? Kirim ke Nomor Ini

    Ingin Beri Saran, Masukan dan Kritikan ke Walikota Padang Panjang? Kirim ke Nomor Ini PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Demi percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat, Pemko Padang membuka akses langsung ke masyarakat melalui media sosial. .
  • Kamis, 25 Mei 2017 - 17:56:19 WIB

    Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok

    Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk satuan tugas (Satgas) berasal dari utusan nagari atau desa adat di Maninjau. Pembentukan satgas tersebut bagian dari upaya pembersihan danau secara .
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:03:45 WIB
    RENCANA 2017

    Kawasan THKT Arosuka jadi Destinasi Wisata

    AROSUKA, HALUAN — Untuk menunjang potensi pa­riwisata di Kabupaten Solok, pemerintah daerah setempat dalam 5 tahun ke depan akan mengembangkan kawasan ibukota Kab. Solok Arosuka sebagai salah satu kawasan wisata bagi masya.
  • Sabtu, 29 Oktober 2016 - 13:17:04 WIB

    Ratusan Pasukan Oranye Bukittinggi Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

    Ratusan Pasukan Oranye Bukittinggi Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis BUKITTINGGI, HALUAN--Sebanyak 200 orang petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Pengelolaan Pasar, melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar oleh Pemko Bukittinggi di Pelataran Jam Ga.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:09:44 WIB

    Pasukan Kuning Terima Bantuan Lebaran dari IWAPI

    BUKITTINGGI, HALU­AN — Sebanyak 124 pasu­kan kuning atau petugas kebersihan Kota Bukittinggi mendapatkan bantuan paket Lebaran dari Ikatan Wanita Pengusaha Indo­nesia (IWA­PI) Kota Bukittinggi..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM