Suka Bercocok Tanam, Polisi di Sawahlunto Ini Bagikan Bibit Jengkol dan Sirsak


Jumat, 09 Maret 2018 - 18:06:32 WIB
Suka Bercocok Tanam, Polisi di Sawahlunto Ini Bagikan Bibit Jengkol dan Sirsak Bhabinkamtibmas Bripka Rori Daharmen saat menyerahkan bibit Jengkol dan Sirsak kepada Warga Kubang Tangah, Jumat (9/3). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM--Banyak cata untuk mengabdi pada negara dan mengayomi masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres Sawahlunto Bripka Rori Daharmen.

Polisi yang sehari hari bertugas di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lebah Segar itu membagikan bibit tanaman jengkol dan sirsak gratis bagi masyarakat di wilayah binaannya.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

Tidak kurang sekitar 250 bibit jengkol dan 70 bibit sirsak hasil budidayanya sendiri dibagikan.

Polisi yang sering disapa Rori ini menjelaskan, bibit yang sengaja dibudidayakan itu semula akan dipergunakan atau ditanam sendiri. Tapi karena lahan yang akan ditanami belum didapat, maka dirinya berinisiatif untuk memberi kepada warga Desa Kubang Tangah.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

"Kebetulan di belakang rumah ada pohon jengkol yang buahnya banyak dan bagus. Biasanya hasil panen dijual dan beberapa kelebihan panen itu sengaja dibudidayakan dengan harapan akan ditanam sendiri. Akan tetapi ladang yang akan ditanam belum didapat. Saya berniat alangkah baiknya bibit yang sudah tumbuh itu dibagikan saja kepada warga sehingga bisa langsung ditanam dan membuahkan hasil," tuturnya kepada harianhaluan.com.

Kebetulan sebut Rori, dirinya suka dan hobi bercocok tanam, paling tidak memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif yang bisa menambah pemenuhan kebutuhan masak sehari hari. Dari kebiasaan itu lanjutnya, dia ingin menularkan kepada masyarakat yang ada dimana dirinya ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas yakni Desa Kubang Tangah.

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

Suami dari Harly itu ingin menjadikan dirinya tidak sebagai pelindung warga sebagaimana tugas anggota polisi. Tapi juga bisa menjadi penggerak warga untuk lebih produktif dan kreatif dalam memanfaatkan lahan sehingga bernilai ekonomis.

"Kepuasan batin yang tak terhingga rasanya bisa menjadi sosok yang berguna bagi orang lain. Terlebih jika bibit yang dibagikan itu sudah membuahkan hasil dan masyarakat mengambil manfaat dari apa yang telah diberikan," ungkapnya.

Baca Juga : Ratusan Personel Koramil di Pasbar Disuntik Vaksin Covid-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]