Konsumsi Ikan Sawahlunto Masih Rendah


Senin,12 Maret 2018 - 01:31:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Konsumsi Ikan Sawahlunto Masih Rendah HARI MAKAN IKAN - Lomba memasak berbahan dasar ikan warnai hari makan ikan nasional tahun 2018 yang jatuh setiap tanggal 3 Maret. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Sosialisasi makan ikan, lomba masak menu ikan, hingga demo masak dan lomba mewarnai digelar Forikan Kota Sawahlunto memperingati Hari Makan Ikan tahun 2018 yang jatuh pada 9 Maret. Kegiatan yang dipisatkan di GPK "Kota Arang" itu merupakan upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk konsumsi ikan.

"Upaya peningkatan konsumsi ikan ini didasari oleh tingkat konsumsi ikan masyarakat Sawahlunto yang masih rendah. Tingkat konsumsi ikan Sawahlunto baru mencapai 19.1 kg perkapita pertahun di tahun 2016. Angka ini masih jauh lebih dibanding angka konsumsi Sumbar yang mencapai 8.8 kg perkapita," beber Yenni Halil, Ketua Forikan Sawahlunto, Jumat (9/3).

 

Terkait masih rendahnya konsumsi ikan masyarakat Sawahlunto itu, dia menilai bukan masalah ketidak mampuan masyarakat dalam membeli ikan, akan tetapi lebih kepada masalah selera, terlebih di Sawahlunto jauh dari lokasi laut dan juga sedikitnya lokasi perairan untuk budi daya ikan. Akan tetapi sebutnya, berbagai upaya terus dilakukan guna meningkatkan komsumsi ikan salah satunya dengan menggiatkan masyarakat mengkonsumsi ikan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Semakin banyak mengonsumsi ikan, maka semakin banyak kandungan baik yang ada di dalam ikan bisa dinikmati oleh masyarakat. Ikan memberi banyak manfaat, karena tidak hanya mengandung protein tinggi, tapi juga kaya berbagai mineral untuk mendukung kesehatan kan kecerdasan keluarga. Mengonsumsi ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk kecerdasan otak, karena ikan mengandung omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak,” terangnya.

 

Pjs Walikota Sawahlunto, Abdul Gaffar menyebutkan, pihaknya mendorong Forikan untuk menggerakkan tidak hanya peningkatan konsumsi tapi juga peningkatan produksi ikan. Pihaknya juga sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan hingga saat ini.

"Sosialisasi yang terus digelar, mulai dari sekolah-sekolah, kampus, instansi pemerintah, swasta dan berbagai kalangan lain termasuk menggandeng pihak perbankan dalam mensupporting setiap kegiatan yang melibatkan setiap kegiatannya untuk melibatkan menu berbahan dasar ikan," ungkapnya.

 

Menurut Pjs Wako, Gerakan makan ikan, merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kua­litas dan mutu sumber daya manusia, khususnya generasi muda dan calon pemimpin masa depan.

“Ikan sumber makanan bergizi tinggi, dengan kandu­ngan omega 3, zat pencerdas otak. Makanya, target utama kita generasi yang masih ber­usia dini, yang masih dalam tahap perkembangan,” katanya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,05 Desember 2016 - 01:10:19 WIB

    Bulog Pessel Salurkan Raskin Tak Layak Konsumsi

    Bulog Pessel Salurkan Raskin Tak Layak Konsumsi PAINAN, HALUAN — Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali mempertanyakan kualitas beras miskin (raskin) yang turun pada kwartal IV Tahun 2016. Mereka menilai kualitas raskin yang disalurkan tersebut masih kuran.
  • Rabu,30 Maret 2016 - 03:48:21 WIB

    Tiap Tahun Produksi Ikan Konsumsi Limapuluh Kota Meningkat

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Produksi berbagai jenis ikan konsumsi di Kabupaten Limapuluh Kota, setiap tahun terus meningkat. Baik pembesaran di kolam, perairan umum maupun mina padi. Karena di sebagian nagari pembudidaya ika.
  • Jumat,23 Oktober 2015 - 19:10:58 WIB

    Kesadaran Konsumsi Sayur Masih Rendah

    SOLOK, HALUAN — Tingkat konsumsi sayur masyarakat di Kota Solok, masih sangat rendah. Hanya sebagian kecil saja pen­duduk di daerah penghasil beras itu yang mengkonsumsi sayuran sesuai dengan rekomenda.

  • Jumat,02 Oktober 2015 - 19:57:36 WIB

    Anak Diajak Konsumsi Makanan Lokal Bergizi

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Sebanyak 924 siswa dari SDN 02, 08, 10 Sarilamak, SDN 02 dan 06 Taram, SDN 02 Taratang, mengikuti kegiatan kampanye gizi Japfa4Kids, Rabu dan Kamis (30/9-1/10). Antusiasme murid ke 6 SDN tersebut.

  • Jumat,07 Agustus 2015 - 20:08:27 WIB

    Masyarakat Diajak Konsumsi Pangan Lokal

    BUKITTINGGI, HALUAN — Masyarakat diim­bau untuk  lebih mengutamakan mengon­sumsi bahan pangan lokal ketim­bang pangan impor. Sebab, dengan mengonsumsi pangan lokal, keamanan, kesegaran dan kualitas produk terja.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM