Temuan Mayat Dalam Septic Tank di Kota Solok Bikin Geger


Senin, 12 Maret 2018 - 10:51:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Temuan Mayat Dalam Septic Tank di Kota Solok Bikin Geger Ilustasi/Haluan

SOLOK, HARIANHALUAN – Warga Jalan Transat, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok dibuat buncah dengan penemuan mayat terbungkus karung yang dibuang ke dalam septic tank (bak penampung limbah), Minggu (11/3) siang. Diduga, mayat tersebut korban pembunuhan.

Data yang dihimpun Haluan, diketahui mayat yang belum diketahui identitasnya itu berkelamin laki-laki dan ditemukan pertama kali oleh Riko, pemilik rumah. “Saya tak menyangka akan menemukan mayat. Padahal niatnya hanya ingin membersihkan pekarangan rumah yang sudah bersemak karena sering ditinggalkan dan tidak terurus,” tutur Riko yang kesehariannya mencari nafkah dengan berjualan.

Dijelaskan Riko, dia hanya datang ke rumahnya sekali dua hari. Kebetulan Minggu tersebut dia tidak bekerja dan berniat memotong rumput pekarangan rumah yang tak jauh dari UPTD BPP Dinas Pertanian. Riko lalu mengambil parang dan cangkul. Satu persatu rumput yang ada di halaman dipotong. Setelah selesai di pekarangan depan, dilanjutkan ke belakang. Dia memotong daun pisang tua dan ditumpuk. Rencananya mau dibakar.

Namun, hal itu urung dilakukan. Ketika memotong pelepah pisang, dia mencium bau busuk. Awalnya, Riko mengira ada binatang yang tercebur ke dalam septic tank, mati. Bangkainya mengeluarkan bau tak sedap. “Baunya sangat busuk. Saya cari sumber baunya. Ternyata dari dalam septic tank. Lalu saya intip untuk memastikan apa yang berbau busuk tersebut,” sebut Riko.

Di dalam septic tank, dia melihat karung. Karena curiga ada onggokan karung, Riko memberitahu tetangga yang ada di sekitar rumahnya. Menyadari ada yang tidak beres, dia memberitahu polisi. “Perasaan saya mulai tidak enak melihat karung di dalam bak pembuangan dan mengeluarkan bau busuk. Setelah memanggil tetangga, temuan itu dilaporkan ke polisi,” papar pedagang tersebut.

Mendapat laporan, Kapolsekta Solok, Kompol Darto, Kanit Reskrim Am Haryanto berserta anggota meluncur ke lokasi. Dalam hitungan menit, masyarakat juga berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan sesuatu yang mengeluarkan bau mencurigakan itu. Polisi lalu menggali lubang septic tank. Setelah 15 menit menggali, karung yang berada di dalamnya diangkat.

Kala karung disobek, warga yang melihat langsung ternganga seakan tak percaya, karena di dalam karung ada mayat laki-laki menggunakan baju biru dan celana hitam. Bau busuk berasal dari mayat yang lehernya juga terluka menganga. Polisi langsung bergegas melakukan identifikasi. Namun wajah mayat sulit dikenali. Pada tengkuk terlihat bekas goresan senjata tajam.

Untuk memastikan siapa mayat itu, beberapa warga satu persatu dipanggil. Dari empat orang yang dipanggil, termasuk Ketua RT setempat, tidak ada yang mengetahui secara pasti identitasnya. Warga hanya menerka-nerka. “Banyak dugaan, namun belum bisa disimpulkan. Warga juga tidak mengetahui secara pasti identitas mayat. Wajahnya sulit dikenali karena sudah membusuk,” papar Kapolsekta Solok Kompol Darto.

Untuk memastikan identitas dan penyebab kematian, petugas membawa mayat tersebut ke rumah sakit. “Akan diotopsi dan diidentifikasi agar diketahui identitas serta penyebab kematiannya. Anggota juga turun langsung ke lapangan untuk melacak serta mengungkap kasus ini,” papar Kapolsekta. (h/alf)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 18:06:19 WIB

    Temuan Bayi di Bukittinggi, Si Penemu Titip Pesan, Ini Isinya

    Temuan Bayi di Bukittinggi, Si Penemu Titip Pesan, Ini Isinya BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Terkait penemuan bayi di Aur Tajungkang Tangah Sawah (ATTS) Kota Bukittinggi oleh warga, ,Kasat Reskrim Polres Bukittinggi, AKP Rahmat Natun melalui KBO Ipda Romy HK mengatakan, bayi tersebut di.
  • Jumat, 04 Mei 2018 - 11:19:22 WIB

    Akan Adakan Pertemuan, Ketua LKAAM: Gubernur Harus Lebih Bijak

    Akan Adakan Pertemuan, Ketua LKAAM: Gubernur Harus Lebih Bijak PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar M Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan, menyikapi berbagai persoalan yang saat ini terjadi di Sumbar, mulainya dari maraknya LGBT, narkoba, dan adanya masalah koru.
  • Sabtu, 21 April 2018 - 18:54:46 WIB

    Jadi Temuan BPK, Dosen Unand Ramai-ramai Kembalikan Uang Negara

    Jadi Temuan BPK, Dosen Unand Ramai-ramai Kembalikan Uang Negara PADANG, HARIANHALUAN.COM – Seratusan dosen Universitas Andalas (Unand) terpaksa mengembalikan uang Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2015 ke kas negara. Selain THR, para dosen yang menerima beasiswa, uang Bahan Bakar Minyak (.
  • Kamis, 01 Maret 2018 - 11:08:21 WIB

    Temuan Gua Lidah Aie Bukti Tingginya Budaya Orang Melayu dan Islam

    Temuan Gua Lidah Aie Bukti Tingginya Budaya Orang Melayu dan Islam KUALA LUMPUR, HARIANHALUAN.COM—Bagi orang Indonesia, Nusantara berarti kepulauan yang membentang dari Sabang di Aceh sampai ke Merauke di Irian Jaya. Namun, dalam berbagai literatur berbahasa Inggris, Nusantara adalah kawas.
  • Jumat, 23 Februari 2018 - 12:34:34 WIB

    Temuan Jamu Ilegal, BBPOM Padang Bantah Kecolongan

    Temuan Jamu Ilegal, BBPOM Padang Bantah Kecolongan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait temuan jamu ilegal oleh Polda Sumbar beberapa waktu lalu, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang bantah kecolongan. Menurutnya, temuan tersebut adalah hasil pengembangan anta.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM