Kampung Rendang Payakumbuh Akan Dibina Kemenperin


Senin, 12 Maret 2018 - 15:35:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kampung Rendang Payakumbuh Akan Dibina Kemenperin Rendang (screenshot)

PAYAKUMBUAH, HARIANHALUAN.COM—Kampung Rendang Payakumbuh yang terletak di sepanjang Jalan Tan Malaka Lampasi akan mendapatkan pembinaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam program Revitalisasi Sentra IKM (Industri Kecil dan Menengah). Melalui Kampung Rendang, Payakumbuh mendapat kepercayaan dari Kemenperin menjadi salah satu dari 22 daerah se-Indonesia yang akan dibina.

“Konsep Kampung Rendang Payakumbuh sama dan sebangun dengan konsep Sentra IKM yang tengah dikembangkan oleh Kemenperin. Kami tertarik menjadikan Kampung Rendang sebagai sentra IKM yang akan kami bina,” ujar Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kemenperin, Busharmaidi, saat berkunjung ke Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.

Busharmaidi mengutarakan, keberadaan Kampung Rendang dengan konsep sentra IKM terbukti memiliki banyak kelebihan. Konsep sentra IKM dapat menghimpun perajin IKM sejenis di satu lokasi. Untuk maksud itu, pihaknya akan menyiapkan infrastuktur, alat produksi, sarana, dan prasarana, yang dipakai secara bersama oleh perajin. Dengan demikian, proses produksi lebih ekonomis dan harga jual bisa lebih murah.

Perajin IKM, kata Busharmaidi, memiliki beban biaya peralatan yang berkorelasi dengan kapasitas produksi. Rata-rata perajin IKM membangun alat produksi sendiri dengan kapasitas produksi yang terbatas. Keterbatasan kapasitas produksi membuat harga jual produk kalah bersaing dengan produk yang sama pada industri besar.

“Selama industri kecil belum bisa mengelompok dalam satu sentra produksi dan memproduksi dalam jumlah besar dengan dukungan peralatan bersama yang memadai, selama itu pula IKM kita akan kalah bersaing dengan industri besar,” tuturnya.

Menurutnya, keberadaan IKM dalam suatu sentra juga akan menjamin kualitas mutu dari produk yang dihasilkan, termasuk produk rendang yang mau dikembangkan Payakumbuh. Ia menerangkan, sentra akan menjamin keseragaman dari mutu dan kualitas produk.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 September 2018 - 16:21:00 WIB

    Perantau Pariaman Diimbau Bangun Kampung

    Perantau Pariaman Diimbau Bangun Kampung PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengajak pengurus PKDP Bali dapat mendorong kehadiran investor untuk membangun Kota Pariaman, terutama sektor pariwisata yang telah menjadi visi pembangunan K.
  • Kamis, 28 Juni 2018 - 10:27:23 WIB

    Keren!.. Ada Kampung 3 D di Payakumbuh

    Keren!.. Ada Kampung 3 D di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARINHALUAN.COM - Di Kota Payakumbuh sekarang sudah ada kampung tiga dimensi. Kampung yang dipopulerkan dengan nama nama Putei Rayola (Kampung Tridi Kelurahan Payolansek) itu..
  • Senin, 07 Mei 2018 - 01:07:57 WIB

    Pendiri Kampung Literasi Terima Penghargaan

    Pendiri Kampung Literasi Terima Penghargaan TANAH DATAR, HALUAN - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi memberikan penghargaan kepada Irwan Malin Basa, sebagai penulis paling produktif. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Bupati Zuldfri Darma pada acara Hari Pendid.
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:19:02 WIB

    IPAL Komunal Kampung Pondok Diresmikan

    IPAL Komunal Kampung Pondok Diresmikan PARIAMAN, HALUAN - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal sistem perpipaan sanitasi berbasis masyarakat Islamic Development Bank (Sanimas IDB) Kampung Pondok Pariaman diresmikan, Jumat, (19/1) oleh Walikota Pariaman, .
  • Rabu, 29 November 2017 - 23:08:48 WIB
     MUDIAK ANGGE BERHARAP KUMANDANG   AZAN PERDANA

     IASMA 1 Landbow Bangun Mushala  di Kampung Terpencil

     IASMA 1 Landbow Bangun Mushala  di Kampung Terpencil  PADANG, HALUAN- Mudiak Angge, tak mudah dikunjungi, belum ada jalan yang dapat  ditempuh kendaraan roda empat untuk sampai ke kampung  dalam  belantara  raya   di perbatasan Palupuh Agam dan Palangkitangan Limapuluh K.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM