Kampung Rendang Payakumbuh Akan Dibina Kemenperin


Senin, 12 Maret 2018 - 15:35:58 WIB
Kampung Rendang Payakumbuh Akan Dibina Kemenperin Rendang (screenshot)

PAYAKUMBUAH, HARIANHALUAN.COM—Kampung Rendang Payakumbuh yang terletak di sepanjang Jalan Tan Malaka Lampasi akan mendapatkan pembinaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam program Revitalisasi Sentra IKM (Industri Kecil dan Menengah). Melalui Kampung Rendang, Payakumbuh mendapat kepercayaan dari Kemenperin menjadi salah satu dari 22 daerah se-Indonesia yang akan dibina.

“Konsep Kampung Rendang Payakumbuh sama dan sebangun dengan konsep Sentra IKM yang tengah dikembangkan oleh Kemenperin. Kami tertarik menjadikan Kampung Rendang sebagai sentra IKM yang akan kami bina,” ujar Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kemenperin, Busharmaidi, saat berkunjung ke Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dongkrak Taraf Hidup Petani, Pengembangan Tanaman Porang Jadi Program Unggulan Satu Desa di Solsel

Busharmaidi mengutarakan, keberadaan Kampung Rendang dengan konsep sentra IKM terbukti memiliki banyak kelebihan. Konsep sentra IKM dapat menghimpun perajin IKM sejenis di satu lokasi. Untuk maksud itu, pihaknya akan menyiapkan infrastuktur, alat produksi, sarana, dan prasarana, yang dipakai secara bersama oleh perajin. Dengan demikian, proses produksi lebih ekonomis dan harga jual bisa lebih murah.

Perajin IKM, kata Busharmaidi, memiliki beban biaya peralatan yang berkorelasi dengan kapasitas produksi. Rata-rata perajin IKM membangun alat produksi sendiri dengan kapasitas produksi yang terbatas. Keterbatasan kapasitas produksi membuat harga jual produk kalah bersaing dengan produk yang sama pada industri besar.

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

“Selama industri kecil belum bisa mengelompok dalam satu sentra produksi dan memproduksi dalam jumlah besar dengan dukungan peralatan bersama yang memadai, selama itu pula IKM kita akan kalah bersaing dengan industri besar,” tuturnya.

Menurutnya, keberadaan IKM dalam suatu sentra juga akan menjamin kualitas mutu dari produk yang dihasilkan, termasuk produk rendang yang mau dikembangkan Payakumbuh. Ia menerangkan, sentra akan menjamin keseragaman dari mutu dan kualitas produk.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]