Lomba Gandang Tasa di Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Melestarikan Budaya


Senin, 12 Maret 2018 - 16:45:49 WIB
Lomba Gandang Tasa di Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Melestarikan Budaya Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, Dt. Bandaro Basa. menghadiri lomba Gendang Tasa se-Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Aie Tajun, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (10/3). AKMAL

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, Dt. Bandaro Basa. menghadiri lomba Gandang Tasa se-Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Aie Tajun, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (10/3). Lomba gendang tasa iitu diikuti oleh 40 peserta.

Leonardy dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi lomba gendang tasa ini dilaksanakan. Karena mendukung pelestarian budaya.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

"Sangat mendukung lomba ini terus diadakan setiap tahunnya dengan piala bergilir. Karena ini merupakan salah satu  cara untuk terus melestarikan budaya," katanya.

Dikatakannya, ia baru pertama kali menyaksikan adanya lomba gendang tasa.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

"Sudah berapa lama menjadi menantu orang Padang Pariaman, baru pertama kali ini saya menyaksikan adanya lomba gendang tasa dan langsung se kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.

Perlombaan ini juga menjadi ajang untuk meregenerasi pemain gendang tasa.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

"Selain untuk mendorong dan melestarikan alat musik tradisional. Lomba Ini juga akan memberikan semangat untuk generasi muda agar mau belajar memainkan gendang tasa," ungkapnya.

Leonardy menambahkan, ia memiliki hubungan emosional erat dengan warga di Nagari Aie Tajun yang terjalin sudah lama semenjak menjadi ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat hingga saat ini duduk di DPD RI.

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

"Masyarakat di nagari Aie Tajun ini memang aktif dengan banyak kegiatan seperti lomba pencak silat dan lainnya," katanya. (h/mg-mal)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]