Jelang UNBK, Komputer MAN 1 Solok Raib Dibawa Maling


Senin, 12 Maret 2018 - 17:42:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jelang UNBK, Komputer MAN 1 Solok Raib Dibawa Maling Tinjau--Kepala Kantor Kemenag Kab.Solok Alizar meninjau Labor Komputer MAN 1 Solok yang dibobol maling, sembari memantau pelaksanaan simulasi UNBK di Madrasah Adiwiyata itu, Senin (12/3). YUTISWANDI

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Labor Komputer MAN 1 Solok dikupak, 2 unit  komputer yang menjadi terminal jaringan yang akan dipakai untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) raib digondol maling, Senin (12/3). Info kemalingan ini pun praktis membuat buncah warga  Madrasah adiwiyata itu.

Dari info yang dihimpun Haluan menyebutkan, kabar labor dikupak maling ini diketahui pada, Minggu (11/3). Dimana pagi itu petugas pengelola labor Lastrion S.Pd hendak mengecek labor komputer yang baru diperbaiki jaringannya.

Namun, ketika memasuki ruangan, pihaknya kaget melihat loteng ruangan yang rusak usai dibobol. Pihaknya kemudian melakukan pengecekan terhadap barang-barang yang ada di ruangan itu. Ternyata benar, 2 unit komputer yang menjadi terminal untuk jaringan komputer lainnya raib.

Pihaknya kemudian melaporkan kejadian itu kepada pihak pimpinan madrasah yang dilanjutkan ke Polsek Kubung. Atas laporan itu, pihak polsek kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara.

Berdasarkan hasil olah TKP oleh Polsek Kubung  dan melihat rekaman CCTV yang terpasang di madrasah itu,  maling diduga memasuki ruang labor ini sekira pukul 03.00 WIB, Minggui. Maling masuk dengan merusak loteng bagian luar belakang ruang labor kemudian masuk kedalam labor juga dengan membobol loteng triplek. 

"Dibalik musibah ini, kita masih bersyukur karena server sebagai komputer induk jaringan untuk ujian tidak ikut digondol. Agar tidak menganggu ujian, pagi ini Panitia Ujian dan Pengelola Labor telah mengakalinya dengan meminjam sementara komputer dari labor bahasa," jelas Yulfentri didalam ruang yang tengah berlangsung simulasi UNBK 2018, Senin (12/3).

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar, yang mendapat informasi itu langsung turun ke lapangan meninjau peristiwa itu. Dalam keprihatinnya Alizar mengungkapkan, ini cobaan bagi keularga besar MAN 1 Solok. Apalagi di tengah mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer, sarana yang telah ada digasak maling.

Pihaknya berharap,  kejadian ini tidak mengurangi konsentrasi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.  Pihaknya sekaligus menekankan kepada pihak madrasah untuk  tetap memberikan yang terbaik bagi para siswa.

"Terima kasih atas kerja keras tenaga pendidik dan kependidikan yang bergerak cepat merespon peristiwa ini mulai dari melaporkan ke Polisi hingga mengatasi sarana yang hilang agar proses simulasi hari ini tetap berjalan baik," kata Alizar didepan kepala MAN 1 Solok dan Peneglola Labor. (h/ndi)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 13:03:38 WIB

    Jelang Hari Kemerdekaan, Pedagang Bendera Marak di Padang

    Jelang Hari Kemerdekaan,  Pedagang Bendera Marak di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Satu pekan menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-73 pada 17 Agustus 2018 penjual bendera merah putih mulai marak pada sejumlah lokasi strategis di pusat kota Padang, Sumater.
  • Selasa, 05 Juni 2018 - 12:39:24 WIB

    Jelang Lebaran, Pengemis Mulai Serbu Kota  Padang

    Jelang Lebaran, Pengemis Mulai Serbu Kota  Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Bulan Ramadan kerap dimanfaatkan para pengemis  sebagai ajang memelas belas kasihan dari orang-orang yang ingin bersedekah, termasuk di Kota Padang. Dampaknya, terjadi peningkatan jumlah geland.
  • Rabu, 16 Mei 2018 - 22:23:14 WIB
    Korban Air Bah Solok

    Jelang Magrib, Habib Ditemukan Mengambang di Batang Lembang

    Jelang Magrib, Habib Ditemukan Mengambang di Batang Lembang AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Satu lagi korban terseret arus air bah sungai batang lembang Habibullah atau Habib (24) akhirnya berhasil ditemukan, Rabu (16/5). Habib ditemukan oleh tim Sar Gabungan di bantaran Batang Lembang kaw.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 00:36:59 WIB

    Forwatindo Dideklarasikan Sehari Jelang Perayaan Puncak Hari Pers

    Forwatindo Dideklarasikan Sehari Jelang Perayaan Puncak Hari Pers Pada rapat sebelum deklarasi Forwatindo, para deklarator sepakat bulat menunjuk Hendra J Kede sebagai Ketua Pusat dan Rosarita Niken Widastuti sebagai Ketua Dewan Penasehat Forwatindo..
  • Kamis, 18 Januari 2018 - 19:04:46 WIB

    Jelang Pilkada Serentak, Sembilan Nama Diajukan Jadi Plt Wako

    Jelang Pilkada Serentak, Sembilan Nama Diajukan Jadi Plt Wako PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mengajukan sembilan nama pejabat tinggi pratama (eselon II) ke Kemendagri yang dianggap berkompeten untuk menduduki jabatan Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM