Anak Kemenakan Disidang, Puluhan Warga Nagari Bawan Demo PN Lubuk Basung


Senin, 12 Maret 2018 - 19:21:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Anak Kemenakan Disidang, Puluhan Warga Nagari Bawan Demo PN Lubuk Basung Sejumlah warga dari Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari berunjukrasa di depan kantor Pengadilan Negeri Lubuk Basung Kabupaten Agam, Senin (12/03).

AGAM, HARIANHALUAN.COM— Tidak terima atas tuduhan pencurian terhadap dua anak kemenakannya, puluhan warga Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari berunjukrasa di depan kantor Pengadilan Negeri Lubuk Basung Kabupaten Agam, Senin (12/03). Puluhan polisi dikerahkan untuk pengamanan pada sidang perdana kasus pencurian sawit itu.

Kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri anak kemenakan pasukuan Tanjuang Dt. Bangso Dirajo, sekaligus datang untuk mengawal sidang kasus tersebut yang mendakwa Beni dan Denil.

Pantauan harianhaluan.com di lapangan terdapat sekitar 80 masa yang berunjukrasa di depan kantor Pengadilan Negeri Lubukbasung.

Pimpinan kaum Suku Tanjuang, Dt. Bangso Dirajo, mengatakan, menjadikan kedua anak kemenakannya dan menjadi tahanan Pengadilan Negeri Lubukbasung dan sebagai terdakwa pencurian sangat tidak tepat.

Dikatakannya, lahan itu milik kaum Dt. Bangso Dirajo yang ditanam oleh Masrul dan mereka berdua anak kemenakan mereka. Kemudian orang lain yang melaporkan keduanya telah melakukan pencurian.

Menurutnya, mereka datang ke Pengadilan Negeri Lubuk Basung untuk meminta penegak hukum berlaku adil. Pihaknya juga akan siap menuntut balik dalam persoalan tersebut. Dalam aksi itu ia memastika  pada keluarga dan warga berunjukrasa tidak anarkis.

" Tidak ada kasus pencurian yang dilakukan Beni dan Denil. Peroalan ini sebenarnya cacat dan barang bukti diada-adakan. Penegak hukum harus lebih jeli melihat peraoalan itu," katanya. 

Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung Indrawan, mengatakan, pihaknya akan menjujung proses tersebut seadil-adilnya. Sesuai agenda persidangan, jaksa penuntut umum membacakan dakwaan atas kasus tersebut.

Terbukti atau tidak itu berdasarkan hasil persidangan bukan interfensi dari pihak hakim di pengadilan. Dasar hukum acara yang berlaku yaitu sesuai undang-undang, bukan dibuat-buat oleh pengadilan. 

Sidang perdana kasus pencurian yang menyeret dua kemenakan Dt. Bangso Dirajo Suku Tanjung itupun dimulai pada pukul 11.15 WIB. Selesai pembacaan dakwaan Senin (19/03), dengan agenda penyampaian eksepsi (nota keberatan) dari pengacara pihak terdakwa. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 September 2018 - 19:29:20 WIB

    Diduga Gangguan Jiwa, Ibu Bacok Anak di Pessel

    Diduga Gangguan Jiwa, Ibu Bacok Anak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Diduga mengalami gangguan jiwa (stres), Helmida (30), seorang ibu muda asal Sungai Gemuruh, Nagari Inderapura Selatan, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, tega membacok anak kandungny.
  • Senin, 03 September 2018 - 10:03:22 WIB

    WARSI Laksanakan  Pengobatan Gratis  bagi Masyarakat Adat  Batin Sembilan

    WARSI Laksanakan  Pengobatan Gratis  bagi Masyarakat Adat  Batin Sembilan HARIANHALUAN.COM-KKI-WARSI  melanjutkan kegiatan Bakti Sosial  berupa pengobatan dan imunisasi pada Kelompok Batin Sembilan di daerah Bungku, Kabupaten Batanghari, selama dua hari, Sabtu- Ahad (1-2/9-018).
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 14:38:07 WIB

    BBPOM Padang Periksa Jajanan Anak Sekolah

    BBPOM Padang Periksa Jajanan Anak Sekolah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Untuk mengawasi keamanan makanan dan jajanan anak sekolah, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang mendatangi kantin-kantin sekolah di kota itu, Selasa (28/8). BBPOM memeriksa kantin .
  • Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:23:17 WIB

    Tim Gabungan Cari Anak Hilang di Pasbar

    Tim Gabungan Cari Anak Hilang di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Rabu (15/8), Badan Penanggulangan Pencarian Daerah (BPBD) Pasaman Barat (Pasbar) bersama tim gabungan mencari Fahri (8), anak yang hilang di Jorong Bandua Balai, Kecamatan Kinali..
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 19:19:10 WIB

    Pria Gaek Ini Diduga Cabuli Anak Tujuh Tahun

    Pria Gaek Ini Diduga Cabuli Anak Tujuh Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Satuan Reskrim Polresta Padang menangkap seorang pria atas dugaan tindak pidana pencabulan pada anak di bawah umur, Kamis (9/8)..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM