Tiga Tahun Jalan Sikabu Rusak,  Warga Minta Perhatian Pemerintah


Senin,12 Maret 2018 - 20:00:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tiga Tahun Jalan Sikabu Rusak,  Warga Minta Perhatian Pemerintah Kades Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, saat meninjau lokasi jalan yang rusak, Senin (12/3). Khairul

KOTA PARIAMAN,  HARIANHALUAN.COM--Selama tiga tahun, warga Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, harus melewati jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki.

Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi (Apuak) kepada harianhaluan.com, Senin (12/3).

"Meski sudah diusulkan dalam Musrembang desa setiap tahunnya. Namun, semenjak tiga tahun yang lampau hingga saat ini belum teralisasi. Kami selaku warga hanya bisa mengusulkan, tapi semenjak tiga tahun yang lalu permintaan kami tidak dihindahkan oleh pemerintah belum direalisasikan,"terangnya.

Ia menjelaskan,  jalan dengan jarak 300 meter kurang lebih itu tidak bisa  diperbaiki dengan mengunakan dana desa. Pasalnya, jika setelah dihitung-hitung jika jalan ini diperbaiki maka anggarannya sebesar Rp. 800 Juta.

"Kami tidak bisa menggunakan anggaran desa untuk memperbaiki jalan ini karena tersandung regulasi," tambahnya. 

Ia menambahkan, masyarakat sangat membutuhkan jalan tersebut. Karena menurutnya jika jalan itu normal, maka potensi alamnya bisa dimanfaatkan untuk perkembangan pariwisata dan perekonomian warga Sikabu.

"Saya sudah melihat potensi-potensi yang dimiliki Desa Sikabu,  salah satunya dari ke Pariwisataan. Hal ini bisa terwujud jika jalan ini sudah diaspal," ujarnya. 

Sementara itu Masriko (Uniang Simaih)  Ketua Badan Pemusawarahan Desa (BPD)  mengatakan, akses jalan merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kesejahterahan warga. Pasalnya dengan lancarnya akses menuju suatu tempat, dipercaya dapat memajukan daerah tersebut.

 "Kunci agar naiknya perekonomian warga desa itu adalah infrastruktur yang lengkap," tambahnya. 

Ia juga manambahkan, jika dikalkulasikan ada beberapa potensi yang bisa digali jika jalan ini diperbaiki. Salah satunya adalah, tambang pasir dan tambang koral. Dalam sehari Desa Sikabu bisa menghasilkan pasir sebanyak 15-20 truk ukuran Tiper.

Jika jalan ini bagus dan diaspal mungkin bisa lebih meningkat lagi. Hal ini bagus untuk pendapat Desa Sikabu nantinya.

"Jalan ini sangat penting bagi kami dan warga Sikabu lainnya," tambah Uniang. (h/mg-rul) 

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM