Polisi dan Wartawan di Pasaman Sepakat Lawan Hoaks


Selasa, 13 Maret 2018 - 10:37:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Polisi dan Wartawan di Pasaman Sepakat Lawan Hoaks Ilustasi.NET

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyerukan agar seluruh warga di kabupaten itu melawan hoaks atau berita bohong serta ujaran kebencian yang kian meresahkan dewasa ini.

Penyebaran hoaks dan ujaran kebencian saat ini sangat memprihatinkan karena mengganggu tatanan kehidupan masyarakat dan mengusik pembangunan di daerah.

"Kami, Pemda Kabupaten Pasaman anti hoax dan ujaran kebencian," ujar Yusuf Lubis didampingi Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin beserta Asisten dan sejumlah kepala OPD, Senin (12/3).

Menurut Bupati Yusuf Lubis, ada berbagai cara orang menyebarkan informasi hoax seperti dengan provokasi untuk menyulut permusuhan dan agitasi atau menyebarkan informasi untuk memprovokasi.

"Ini dampaknya sangat dahsyat dan ini yang harus dilawan. Berita bohong dan palsu dengan mudah menyebar. Tujuannya untuk mempengaruhi pikiran seseorang," ujarnya.

Sementara di Sijunjung, dalam rangka menangkal hoax atau istilahnya kick out hoax Polres Sijunjung bersama media juga melakukan sinergi guna antisipasi berita bohong atau berita hoax yang menebarkan kebencian pada orang lain, Senin (12/3) di Mapolres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung, AKBP Imran Amir didampingi Paur Humas, Iptu Ajo Nasrul mengatakan, berita-berita yang tidak jelas, seperti penculikan, masalah tenaga kerja, tindakan Kriminal, narkoba dan masalah lainnya yang belum jelas kebenaranya akan menimbulkan keresahan masyarakat.

“Sesuai perintah Kapolri, polisi dengan media harus bersinergi dalam mengekspose kejadian ataupun peristiwa, terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan untuk meminimalisir beredarnya berita bohong atau yang biasa disebut hoax yang beredar ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya dihadapan para wartawan, Senin (12/3).

Kapolres berharap, para wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Sijunjung juga bekerja sesuai dengan kode etik dan tidak menulis berita hoax yang berujung pada kebimbangan ditengah tengah masyarakat.

"Oleh karena itu, kami berharap pada rekan rekan media beserta masyarakat Kabupaten Sijunjung berpikir sehat dan cerdas dalam menyikapi sumber informasi maupun pemberitaan yang tidak jelas kepastiannya yang diterima apakah hal itu benar atau tidak," katanya.

Sementara itu, Anton salah seorang wartawan yang bertugas di Kabupaten Sijunjung mengatakan, demi keamanan dan situasi kondusif terjaga di Bumi Lansek Manih ini, pihaknya menyatakan siap bekerja sama dalam membantu pihak kepolisian. “Kalau untuk kepentingan masyarakat banyak, kita siap bekerja sama dengan kepolisian demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tuturnya. (h/mg-yud/ogi)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM