Hutan Lindung Dirambah, Masyarakat Taluak Tigo Sakato Geram


Selasa, 13 Maret 2018 - 19:24:38 WIB
Hutan Lindung Dirambah, Masyarakat Taluak Tigo Sakato Geram Masyarakat Taluak Tigo sakato bersama pihak Kepolisian Batang Kapas saat meninjau lokasi yang dirambah oleh oknum setempat. (Okis Mardiansyah) 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat di Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), geram karena aktifitas pembukaan lahan baru yang merambah belasan hektar hutan lindung.

Hal itu diungkapkan, Eks Wali Nagari Taluak Tigo Sakato Efriadi, bahwa dampak dari pembabatan kawasan hutan lindung tersebut, dirasakan warga dengan banyaknya penebangan kayu secara liar untuk membuka lahan perkebunan sebagai bentuk kepentingan usaha pribadi. Menurutnya, dampak itu juga telah membuat punah kelestarian cagar alam yang selama ini telah menjadi aset nagari setempat.

Baca Juga : Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

"Jika perambahan ini terus dilakukan, maka hutan kami akan menjadi gundul. Kami masyarakat Nagari Taluak Tigo Sakato sangat khawatir akan berisiko terhadap banjir dan hilangnya aset nagari kami," sebutnya kepada Haluan. Selasa (13/3).

Dia menjelaskan, aktifitas perambahan hutan di kawasan lindung tersebut sudah terjadi sejak Desember 2017 lalu. Hingga saat ini, kata dia, belasan hektare hutan terus dirambah untuk dimanfaatkan menjadi lahan perkebunan pribadi yang nantinya siap ditanam Gambir.

Baca Juga : Beraksi Lagi, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

"Saat ini, ada sekitar 15 hektare lahan yang sudah habis ditebang oleh oknum tersebut. Dan ada sekitar 30 hektare lagi lahan yang sudah mereka tandai untuk ditebang lagi," jelasnya saat itu. 

Terkait kondisi itu, pihaknya sangat menyayangkan tingkah sejumlah oknum tersebut. Sebab, tanpa memikirkan nasib masyarakat setempat dalam waktu dampak panjang.

Baca Juga : Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 00:06:40 WIB

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas Dua orang pengendara sepeda motor tewas dallam kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Medan-Banda Aceh tepatnya di Desa Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (24/2/2021)..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 00:01:06 WIB

    Beraksi Lagi, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

    Beraksi Lagi, Seorang  Residivis Curanmor Tewas Ditembak Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang melakukan aksinya di Kota Bandung, Jawa Barat, tewas,ditembak aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung, Rabu malam. .
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 23:08:22 WIB

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC Penyelundupan ratusan botol minuman keras ilegal asal Malaysia di Pelabuhan Rakyat Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, digagalkan petugas Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai, Selasa (23/2) sekitar pukul 22.00 ma.
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:34:48 WIB

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar Dua unit warung di Jorong Tigo Tumpuak, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, tepatnya di depan MAN 2 Tanah Datar ludes terbakar, Rabu (23/2/2021) sekira pukul 19.30 WIB..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:06:05 WIB

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka Satu orang lagi sebagai tersangka kasus penjualan bayi di Kota Medan, ditetapkan Kepolisian Daerah Sumatera Utara  sehingga total menjadi empat tersangka..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]