Diduga Lecehkan Profesi Wartawan, Ari Khatulistiwa Akan Dipanggil Polres Pessel


Selasa, 13 Maret 2018 - 20:42:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Diduga Lecehkan Profesi Wartawan, Ari Khatulistiwa Akan Dipanggil Polres Pessel Dua Wartawan Pessel usai diminta keterangan diruang Resum terkait kasus dugaan pelecehan terhadap profesi jurnalistik beberapa waktu lalu di Facebook. (Okis Mardiansyah) 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Untuk kelengkapan berkas perkara, penyidik Polres Pessel memanggil dua orang wartawan sebagai saksi terkait kasus dugaan pelecehan profesi jurnalis yang terjadi di Media Sosial Facebook beberapa waktu lalu. Selasa (13/3).

Kasat Reskrim Polres Pessel Iptu Nofrizal Can, melalui Kanit Resum Ipda Darmon mengatakan, pemanggilan saksi berdasarkan laporan polisi : LP/75/B/II/2018/SPKT-II tanggal 8 Februari 2018. Berdasarkan laporan tersebut, pemilik akun facebook Ari Khatulistiwa diduga telah melecehkan profesi pers dijajaring sosial hingga membuat sejumlah wartawan di Painan resah.  

"Benar, pemanggilan saksi kita lakukan guna melengkapi sejumlah berkas perkara dalam kasus ini. Secepatnya terlapor akan kita panggil sesuai aturan hukum yang berlaku," sebutnya.

Ia menjelaskan, dalam penyelesaian berkas perkara tersebut, pihaknya akan mengacu kepada pidana pencemaran nama baik atau penghinaan profesi yang diatur dalam pasal 310 KUHP dan pasal 27 (3) jo pasal 45 (1) UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Secepatnya akan kami proses sesuai aturan hukum yang berlaku. Sebab, setiap profesi dilindungi undang-undang. Apalagi ini sudah merupakan intruksi dari Kasat Reskrim," tegasnya.

Sebelumnya, pemilik akun Facebook Ari Khatulistiwa (Defi) warga Lagan Gadang Mudiak Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pessel, dilaporkan ke SPKT Polres Pessel, karena dinilai telah mengeluarkan ujaran kebencian dan melecehkan profesi Wartawan yang bertugas di Painan. Kamis (8/2).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM