Warga Lubuk Alung Butuh Tambahan Bak Sampah


Rabu, 14 Maret 2018 - 23:20:40 WIB
Warga Lubuk Alung Butuh Tambahan Bak Sampah TERLIHAT sampah berserakan di pinggir jalan Lubuk Alung-Pariaman, Rabu (14/3). KHAIRUL

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Mastarakat Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman keluhkan banyaknya sampah yang berserakan disepanjang jalan lintas Lubuk Alung-Pariaman, Rabu (14/3). Hal ini salah satunya dipicu karena kurangnya fasilitas bak sampah di lokasi ini.

Pantauan Haluan, sampah yang berserakan di pinggir jalan merupakan sampah rumah tangga. Sampah pada umumnya adalah sampah plastik dan limbah rumah tangga.

Baca Juga : Sepuluh Orang Anggota Sindikat Pengedar Uang Palsu Ditangkap

Yuniswan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang Pariaman mengatakan, pihaknya sudah menyediakan bak sampah yang berada di dekat pasar Lubuk Alung. "Kami sudah menyediakan bak sampah di dekat Pasar Lubuk Alung," ujarnya.

Ia menjelaskan, bak sampah sengaja diletakkan di pasar. Pasalnya, lokasi ini dinilai strategis untuk menampung sampah masyarakat dan sampah dari pedagang yang ada.

Baca Juga : Awas, Hari Ini Merapi Tujuh Kali Luncurkan Guguran Lava Pijar

“Tahun ini, Kabupaten Padang Pariaman tidak menyediakan tempat pembuangan sampah sementara,” sebutnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Padang Pariaman agar sadar dengan kebersihan. "Kami mengharapkan masyarakat bisa membuang sampah ke tempatnya," ujarnya lagi.

Baca Juga : Riau Dikepung Titik Api, Karhutla Terjadi di Delapan Daerah

Salah seorang warga bernama Yeni mengungkapkan, dirinya terpaksa membuang sampah ke lokasi tersebut karena tidak ada lagi tempat membaung sampah yang representatif di sekita lokasi. "Saya terpaksa dan sengaja membuang sampah karena tidak ada disediakan bak pembuangan sampah. Dengan menumpukan sampah di pinggir jalan berharap bisa dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup, (DLH)," ujar Yeni.

Hal senada juga diutarakan Amiruddin, pemilik tanah yang dijadiakan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Ia mengaku sangat kesal dengan prilaku masyarakat yang selalu membuang sampah di tanahnya. Bahkan dirinya sudah memasang plang larangan membuang sampah namun tak diindahkan masyarakat. "Taka jarang saya saling adu mulut dengan waraga jika ia membuang sampah," tambahnya. (h/mg-rul/hel)

Baca Juga : Bersiap Edarkan Puluhan Pil Ekstasi, Pria RS Keburu Tertangkap

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]