JNE Tetapkan Sistem Satu Harga di Sumbar


Kamis, 15 Maret 2018 - 11:27:06 WIB
JNE Tetapkan Sistem Satu Harga di Sumbar Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN—JNE menetapkan sistem satu harga di Sumbar mulai April tahun ini. Perusahaan jasa pengiriman itu menerapkan sistem tersebut untuk memudahkan masyarakat mengingat harga pengiriman.

Kepala Cabang Utama JNE Padang, Yusran, mengutarakan, pihaknya membuat sistem satu harga untuk pengiriman di dalam Sumbar, baik antardaerah maupun antarkecamatan dalam satu daerah. Mulai April, pihaknya menetapkan harga pengiriman antardaerah sebesar Rp11 ribu per resi per kilogram (kg), sedangkan harga antarkecamatan dalam satu daerah sebesar Rp6 ribu per resi per kg.

Baca Juga : Pocari Sweat Gelar Iven Lari Terbesar di Indonesia

“Selama ini, pelanggan agak sulit mengingat harga pengiriman melalui JNE karena harganya beragam, sesuai dengan jarak: makin jauh makin mahal, makin dekat makin murah. Selama ini, harga pengiriman antardaerah sebesar Rp12 ribu hingga Rp19 ribu, sedangkan antarkecamatan dalam satu daerah sekitar Rp10 ribu, tergantung jarak. Dengan adanya sistem satu harga, masyarakat akan mudah mengingat harga pengiriman melalui JNE sehingga tidak perlu repot mengecek harga pengiriman berdasarkan jarak,” ujar Yusran di Kantor Cabang Utama JNE Padang, Jalan Nipah Nomor 42C, Rabu (14/3).

Yusran mengatakan, JNE bisa menerapkan sistem satu harga di Sumbar karena sudah memiliki jaringan yang kuat di provinsi ini. Dengan demikian, JNE bisa memangkas harga dan memastikan paket kiriman sampai ke tangan penerima dengan cepat.

Baca Juga : Kedelai Mahal Pemicu Penjualan Tahu Tempe Turun 20 Persen

“Saat ini, JNE memiliki 18 kantor cabang di Sumbar. Satu daerah bisa memiliki satu kantor cabang, misalnya satu kantor cabang untuk Kota Solok, dan satu kantor cabang untuk Kabupaten Solok di Alahan Panjang; satu kantor cabang untuk dua daerah, misalnya satu kantor cabang di Limapuluh Kota dan Payakumbuh; dua kantor cabang dalam satu daerah, misalnya dua kantor cabang di Mentawai: di Siberut dan Sipora, dua kantor cabang di Pasaman Barat: di Simpang Ampek dan Ujuang Gadiang. Dua kantor cabang dibuat di satu daerah agar konsumen terlayani dengan baikdan kurir tidak sulit mengantar kiriman,” tuturnya.

Selain kantor cabang, kata Yusran, JNE memiliki kantor perwakilan, yang jumlahnya 5 kantor di Padang. Ia menerangkan, perbedaannya, kantor cabang merupakan mitra JNE, sedangkan kantor perwakilan adalah milik JNE. Perbedaan lainnya, kantor perwakilan hanya menerima barang yang akan dikirim dari Sumbar ke luar daerah, tetapi tidak menerima kiriman dari luar daerah ke Sumbar. Selain itu, JNE memiliki 200 agen di Sumbar, 48 agen di antaranya di Padang.

Baca Juga : Hore! Pajak Mobil Baru 0% dan Beli Rumah Bebas PPN, Bunga Kredit Bank juga Bakal Turun?

Mengenai armada di Sumbar, Yusran mengatakan, JNE mempunyai 28 mobil dan 68 motor di Padang, serta 18 mobil dan 70 motor di luar Padang.    

Ia menambahkan, dengan kuatnya jaringan, yakni adanya kantor perwakilan, kantor cabang, dan agen, yang didukung oleh armada, JNE bisa menerapkan sistem satu harga di Sumbar, yang tujuan utamanya bukan untuk tujuan komersial, melainkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. (h/dib)    

Baca Juga : PLN Sumbar 100% Siap Implementasikan Outage Management (OM)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]