Empat OPD di Agam Ikuti Simulasi Gempa


Kamis, 15 Maret 2018 - 21:10:58 WIB
Empat OPD di Agam Ikuti Simulasi Gempa Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bersamaan, di Kantor Bupati Agam, Kamis (15/3). IST

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam melalukan simulasi bencana gempa yang diikuti oleh empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bersamaan, di Kantor Bupati Agam, Kamis (15/3).

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Lutfi mengatakan, kegiatan simulasi bencana sangat diperlukan karena daeeah Agam merupakan marketnya bencana. Masyarakat harus memiliki pengetahuan.

"Simulasi berlangsung dengan cukup lancar. Kegiatan ini juga dalam rangka hari kesiapsiagan. Kegiatan serentak dilakukan pada sebagian OPD dipandu oleh BPBD," katanya.

Dikatakannya, adapun OPD yang melaksanakan antara lain, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, kemudian Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Peserta berasal dari OPD tesebut. Simulasi dimulai serine kemudian peserta menjalan instruksi sesuai materi.

" Sebelum simulasi sudah diberikan materi. Sehingga tinggal menjalankan lagi, misalnya dimana berlindung ketika berada pada lantai atas, berlindung ke bawah benda yang aman. atau lantai bawah sesegera mungkin keluar dari bangunan," ungkapnya. 

Selain itu, juga dipraktekkan kordinasi, OPD dengan BPBD. Apabila gempa bumi selesai pegawai harus melakukan pemeriksaan gedung. Kegiatan ini akan dievaluasi apabila tepat sasaran akan dilanjutkan lagi oleh OPD Lain

" Kalau tidak  maksimal dirancang kembali dengan metode yang berbeda. Simulasi besar berasaran di Sungai Pua 26 April. Apabila berlangsung optimal, pada tahun berikutnya akan kita buat simulasi untuk bencana yang lain," ungkapnya. (h/yat)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 11:37:25 WIB
    Pemkab Dharmasraya siapkan dana Rp2 miliar untuk membangun taman pembatas jalan

    Empat Kilometer Jalinsum di Dharmasraya Bakal Dibuat Dua Jalur

    Empat Kilometer Jalinsum di Dharmasraya Bakal Dibuat Dua Jalur Upaya mempercantik daerah terus dilakukan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Pasalnya, Kabupaten Dharmasraya bakal banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun Nasional. .
  • Rabu, 28 Februari 2018 - 20:36:17 WIB

    TPA Sawahlunto Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata

    TPA Sawahlunto Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM-Ada yang menarik dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang dimiliki oleh Kota Sawahlunto. TPA sampah yang berlokasi di Dusun Kayu Gadang Desa Santur Kecamatan Barangin itu tidak sekedar seb.
  • Jumat, 01 September 2017 - 18:24:07 WIB

    Anggota DPR Hermanto Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

    Anggota DPR Hermanto Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan SAWAHLUNTO, HALUAN - Anggota DPR-RI Fraksi PKS, asal Sumbar, Hermanto mensosialisasi empat pilar kebangsaan yang diikuti oleh ASN dilingkup pemerintahan kota Sawahlunto, Kamis (31/8) di Hotel Ombilin setempat..
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:36:42 WIB
    PERINGATAN KERAS BUPATI YUSUF LUBIS

    Tak Tempati Rumah Dinas, Camat Dicopot

    PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman Yusuf Lubis kembali menegaskan agar seluruh camat di daerah itu berdomisili di kecamatan masing-masing, menempati rumah dinas yang sudah disediakan oleh pemerintah. .
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:32:17 WIB

    Empat Siswa Raih Medali Emas O2SN dan FL2SN

    PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Kecamatan V Koto Kampung Dalam, berhasil meraih empat mendali emas tingkat Kabupaten Padang Pariaman.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM