40 Bidan PTT Lulus Diklat Prajabatan


Kamis, 22 Maret 2018 - 01:17:06 WIB
40 Bidan PTT Lulus Diklat Prajabatan Ilustrasi

PARIAMAN, HALUAN — Empat puluh peserta diklat pra jabatan dari Pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI (Bidan Desa), dinyatakan lulus 100 persen. Pernyataan diungkapkan Kepala BKPSDM Kota Pariaman, Irmadawani, Rabu (21/3).

“Lulus Diklat Pra Ja­batan merupakan salah satu syarat untuk menjadi ASN 100 persen. Tapi ma­sih ada syarat lainya yang harus dikuti lagi,” se­but­nya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22% % atau 634 Kasus

Syarat tersebut adalah, serifikat LPJ, ijazah p­e­ngangkatan pertama, Ki­ur kesehatan, SK 80 persen dan pengantar dari atasan OPD langsung. Menurut Irmada­wani, kini para bi­dan desa yang sudah dik­lat prajabatan itu sedang menunggu ser­tifikat LPJ-nya.

Dia menyebutkan pu­la, para bidan desa yang sudah lulus itu diangkat dengan golongan IIc.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 27.229 Kasus

Kepala BKSDM Kota Pariaman menyebutkan, diklat pra jabatan untuk 40 bindes, sudah berakhir Selasa sore (20/3) ditutup oleh Asisten III, Lanefi.

Lanefi saat itu meng­ingatkan, kalau sudah jadi ASN, semangat kerja dan pengabdian tak boleh kendur.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Positivity Rate 7,49 %

Perlu diketahui, bahwa evaluasi akan terus jalan sebagaimana yang telah dilakukan terhadap ASN dalam melaksanakan tu­poksi kerjanya. Sekretaris BPSDM Provinsi Sumatera Barat, Hafizurrahman di­kesempatan yang sama meminta CPNS yang telah lulus Diklat Pra jabatan supaya terus mening­ka­tkan kompetensinya, se­hing­ga dapat menjadi ASN yang baik dan ber­tang­gung jawab.

Sebelumnya, Diklat Prajabatan CPNS golongan II dari pengangkatan Pe­gawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan melalui pengangkatan khu­­sus di lingkungan Pe­merintah Kota Pariaman, berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 14 sampai  20 Maret 2018. Diklat ini dibuka langusng oleh Asis­ten III, Lanefi di Ge­dung BP PAUD dan Dik­mas Provinsi Sumatera Barat, Rabu (14/3).

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

“Yang diklat sekarang, Bidan PTT yang diangkat tahun 2006,” kata Kepala BKPSDM Kota Pariaman Irma Darwani kepada Ha­luan saat itu.

Irma Darwani me­nye­butkan, total waktu peng­angkatan itu semuanya 57 orang CPNS. Sementara 1 orang mengundurkan diri, 6 orang telah lewat umur.

Sebelum ini sudah ada 10 orang yang dikirim diklat ke Provinsi Sumbar dan me­reka lulus semua. “Diklat ini bertujuan un­tuk menj­adi­kan CPNS itu berilmu pe­nge­tahuan dan berwa­wa­san luas sehingga optimal dalam bertugas,” jelasnya saat itu.

Kurikulum diklat pra jabatan ini terdiri dari 4 (empat) mata Diklat, yaitu wawasan kebangsaan, per­cepatan pemberantasan korupsi, managemen ASN dan pola pikir ASN sebagai pelayan masyarakat.

Kepala BPSDM Su­matera Barat, diwakili Ka­bid Diklat Fungsional BP­SDM Sumbar, Khairanti saat pembukaan diklat menyebut, diklat pra jaba­tan penting dan wajib dii­kuti oleh CPNS, karena salah satu syarat untuk lolos menjadi PNS adalah dengan mengikuti diklat pra jabatan dan dinya­takan lulus. (h/tri/hel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]