Payakumbuh Inisiator Dasa Wisma di Sumbar


Kamis, 22 Maret 2018 - 01:48:53 WIB
Payakumbuh Inisiator Dasa Wisma di Sumbar Jadi inisiator di Sumbar, Kota Payakumbuh Canangkan Bulan Bakti Dasa Wisma ke VI di Lapangan Sari Bulan, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Rabu (21/3). (ARI)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Kota Payakumbuh kembali melakukan pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma ke VI pada 2018. Kegiatan Pencanangan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Benny Warlis di Lapangan Sari Bulan, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Rabu (21/03).

Berbagai acara diadakan dalam rangka pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma ter­sebut. Diantaranya cerdas cermat koperasi oleh Dinas Koperasi dan UKM, IVA Tes oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Penyerahan Bibit Cabe oleh Dinas Ketahanan Pangan, Bantuan Bibit Ayam Petelur oleh TP PKK Kota Payakumbuh, MoU Hari Peduli Sampah Nasional antara Dinas Lingkungan Hidup dengan PKK serta aneka lomba lain­nya seperti lomba pesan be­rantai, lomba yel-yel, tangkelek panjang, stand, dan lain-lain.

Baca Juga : Gebrakan 'Pertama' Bupati Benny Utama, Ribuan Kendaraan Dinas Pemkab Pasaman Dikandangkan untuk Inventarisasi Aset

Dalam kegiatan pen­cana­ngan yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Paya­kum­buh, YB Datuak Parmato Alam, Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi, Ketua GOW, Mag­dale­na Erwin Yunaz, Kepala Dinas DP3A dan P2KB, Syahnadel Khairi, Camat, Lurah, Pengurus PKK dan Dasawisama se-Kota Payakumbuh, Sekda Benni Warlis mengajak kader-kader dasa wisma untuk berbuat nyata dalam rangka membantu ke­sejahteraan keluarga.

­“Dasa wisma harus me­mulai dan menunjukkan kete­ladanan dalam pemberdayaan pekarangan. Pertumbuhan itu mustahil tanpa ada yang tum­buh. Tumbuh itu harus dimulai dari menyemai, menanam, memelihara dan baru dia tum­buh, tanpa dimulai dari me­nyemai maka dia tidak akan pernah tumbuh,” ujarnya.

Baca Juga : Puncak Pemilihan Duta GenRe Solsel Dibuka Pj Sekda, Wadah Milenial Bentuk Karakter Bangsa

Ketua Panitia Pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma Ke VI, Erma Yunita menyam­pai­kan, kegiatan pencanangan tersebut bertujuan untuk me­ningkatkan peran aktif ke­lompok dasa wisma dengan melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK. “Adapun tema Bulan Bakti Dasa Wisma tahun ini adalah, Sehat Kelu­arga Ku, Bersih Lingkungan Ku,” ujar Erma Yunita yang juga menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pa­da dinas DP3A dan P2KB Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Hen­ny Riza Falepi menyampaikan apresiasinya kepada kader kader PKK dan dasa wisma kelurahan yang terus berbuat serta berkarya untuk me­ning­katkan kesejahteraan keluarga. “Alhamdulillah, dari tahun ke tahun, ibu-ibu anggota da­sawisma kita semakin kreatif, maju dan bersemangat. Me­mang itulah yang kita ha­rapkan, sebab dasa wisma merupakan ujung tombak sega­la kegiatan PKK di kelurahan,” katanya.

Baca Juga : 18 Legislator Dharmasraya Mangkir Sidang dengan Bupati, Ternyata Ini Alasannya

Henny mengatakan, ke­giatan bulan bakti dasa wisma merupakan inovasi yang di­ciptakan oleh PKK Kota Pa­yakumbuh kemudian diikuti oleh daerah-daerah lain di Sumbar. “Tahun ini adalah pencanangan yang ke VI di Kota Payakumbuh, dan kegi­atan pencanangan ini pertama kali diinisiasi oleh Kota Pa­yakumbuh, setelah itu baru diadakan juga oleh kota serta kabupaten lain di Sumbar,” ungkapnya.

Kgiatan Bulan Bakti Dasa Wisma merupakan sebuah upaya yang terus digerakkan oleh TP-PKK Kota Paya­kum­buh bekerjasama dengan be­berapa OPD terkait untuk dapat memberdayakan keluarga da­lam rangka meningkaykan kesejahteraan mereka.

Baca Juga : Melalui Pemetaan Lingkungan, Kabupaten Pessel Maksimalkan Pencegahan Penyakit Menular

“Kita ingin mewujudkan visi walikota dan wakil walikota yaitu Menuju Payakumbuh Menang dalam artian ke­sejah­teraan masyarakat meningkat dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pem­berda­yaan kelompok dasa wisma di kelurahan-kelurahan,” jelas Henny. (h/mg-ari)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]